Dinas PPPA Soppeng Gelar Temu Forum Anak Daerah

- Rabu, Maret 15, 2017
advertise pemkab bone
BONEPOS, BONE - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Soppeng menggelar temu Forum Anak Daerah di Ruang Rapat Gabungan Dinas Watansoppeng, Rabu 15 Maret 2017.

Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Soppeng Saheri mengatakan tujuan kegiatan ini adalah mempersiapkan pelaksanaan pemilihan Duta Anak se-Kabupaten Soppeng dan evaluasi Program Forum Anak Daerah yang telah dilaksanakan selama priode 2017-2019.

Asisten II Perekonomian Dan Pembangunan H.A.Akbar Nur Thahir yang hadir mewakili Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan, bahwa anak adalah masa depan bangsa yang memiliki peran strategis dalam menentukan maju tidaknya bangsa.

Untuk itu, Kata Akbar, Negara harus mampu memberikan jaminan pelaksanaan hak-hak anak antara lain hak atas kelangsungan hidup, hak berpartisipasi, hak sipil dan kebebasan serta jaminan atas perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

"Pemerintah kabupaten soppeng telah berupaya untuk memberikan jaminan terhadap pelaksanaan hak maupun perlindungan anak, salah satunya adalah Musrembang Anak (telah dilaksanakan BAPELITBANGDA) yang merupakan bentuk upaya memfasilitasi partisipasi anak sebagai wahana untuk didengar pendapat, ide, gagasan, dan inovasi kepentingan terbaik bagi anak," kata Akbar.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan KB Provinsi Sulawesi Selatan, Meisy Papayungan, yang hadir selaku pembicara mengulas tentang peran anak dimana harus mendapatkan Perlindungan dari berbagai hal seperti penjualan dan perdagangan atau trafiking.

"Anak itu haru mendapatkan perlindungan, mulai dari tindakan penangkapan Sewenang-wenang, perampasan kebebasan, perlakuan kejam, siksaan fisik dan non fisik, penculikan, penjualan dan perdagangan atau trafiking, eksploitasi seksual, penyalahgunaan obat-obatan, eksploitasi sebagai pekerja anak, serta  eksploitasi sebagai kelompok minoritas kelompok adat terpencil," kata Meisy.

PEWARTA : NUR ALAM ABRA
EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Meikarta