OPINI: Pesan untuk Boneku

| 6 April 2017 | 01.16 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:



BONEPOS.com - Bone sebagai salah satu kabupaten besar di sulawesi selatan bahkan menjadi daerah terbesar kedua setelah makassar adalah sebuah daerah yang kaya akan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Selain Bone yang kaya akan sumber daya, bone juga merupakan sebuah daerah kerajaan yang besar di masa lalu. Kebesaran bone di masa lalu tentu masih teringat dalam memori kita selaku masyarakat bone.

Kekayaan budaya yang sampai saat ini masih terjaga dalam masyarakat bone adalah sebuah bukti nyata bahwa bone bukanlah daerah yang hanya penuh dengan cerita khayalan.

Sebagai masyarakat Bone yang mengenal kata sipakatau, sipakalebbi dan sipakainge adalah ciri masyarakat bone yang sejati. Bulan April tepat tanggal 6 adalah hari bersejarah untuk kabupaten Bone. Di tahun 2017 ini bone telah berusia 687, sebuah angkah yang tidak kecil.

Dengan usia yang sekarang tentu selaku masyarakat bone yang tumbuh besar dan melihat perkembangan bone, sudah pasti kita mempunyai harapan yang penuh untuk bone kedepan lebih baik.

Di hari jadi bone ke 687 tahun ini, tentu banyak kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten bone, baik kegiatan yang sifatnya perputaran ekonomi sampai kepada kegiatan-kegiatan budaya.

Namun selaku bagian kecil dari masyarakat bone tentu memiliki sebuah pesan dan harapan untuk pemerintah kabupaten bone sebagai wujud perhatian dan kecintaan kami akan daerah kami.

Apa yang dilakukan pemerintah bone di hari jadi ke 687 janganlah hanya menjadi sebuah kegiatan seremonial belaka, yang hanya menghabiskan anggaran namun tidak memiliki nilai esensial. Kami bukan tidak senang bahkan tidak bangga terhadap pencapaian bone hari ini dengan segudang penghargaan yang didapat.

Namun kami lebih berharap di hari jadi kali ini bahkan kemudian harinya, lebih mampu untuk mengembalikan semangat luhur yang selalu di pegang orang tua dulu kita. Namun bukan berarti saat ini nilai luhur itu hilang. Cukup kita yang tau

Getteng, lempu na ada tongen, lagi-lagi adalah bagian dari diri Bone itu sendiri. Distorsi nilai hari ini mungkin tengah menggerogoti bone, namun bukan berarti tidak ada yang sadar akan hal itu, dan kami lagi-lagi adalah sebagian kecil dari mereka yang sadar. Insya Allah

Sekali lagi sebagai wujud kecintaan kami, kami meminta kepada pemerintah kabupaten bone untuk lebih sadar akan nilai kultural dan tidak hanya sibuk dengan kegiatan-kegiatan simbolik.

Andi Ridho Utama Ahmad
Sekretaris Umum
HmI Cabang Bone


EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI