Tips Membuat Video dengan Budget Murah untuk Pelajar

| 26 April 2017 | 20.54 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:



BONEPOS,KENDARI - Produser dari Samuan Film, Tjandra Wibowo, menyemangati pelajar di Sulawesi Tenggara untuk bisa menghasilkan karya video terbaik dalam kegiatan BNPT Video Festival 2017. Video yang berkualitas tidak harus dibuat dengan biaya yang besar.

"Ketika ide sudah ditemukan, cerita sisusun dan naskah dibuat, ujung-ujungnya yang harus dipikirkan adalah soal budget, soal biaya. Tapi jangan khawatir, anggaran tidak harus besar untuk bisa menghasilkan video yang berkualitas," pesan Tjandra saat menyampaikan materi "Teknis Pembuatan Video" dan workshop BNPT Videom Festival di Kendari, Rabu (26/4/2017).

Dimulai dari pencarian ide, Tjandra menyebut hal itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dari keseharian yang dijalani. Dilanjutkan pada tahap penulisan alur cerita, itu bisa dilakukan dengan cara sederhana melalui pendekatan teori jurnalistik.

"Sama seperti wartawan bekerja, ada teori 5 W 1 H. Ikuti itu, maka akan terbentuk sebuah cerita," sebut Tjandra.

Untuk tahapan pengambilan gambar dan editing,  Tjandra memang menyarankan digunakannya peralatan berkualitas. Akan tetapi alat yang baik tidak hanya dibeli dengan harga yang mahal. "Sekarang era digital, memang sebaiknya menggunakan camcorder atau kamera digital yang bagus. Jika tidak bisa tidak perlu dipaksanakan, asalkan kalian menguasai teknik pengambilan gambar dan editing dengan baik," tandasnya.

Masih di tahap produksi video, hal penting yang juga harus diperhatikan adalah faktor audio. Jika pelajar tidak bisa menggunakan peralatan berkualitas baik, Tjandra menyarankan input audio dilakukan melalui cara dubbing.

"Gunakan laptop atau komputer, lihat adegannya, dan masukkan audio. Dubbing justru memiliki kelebihan, karena audio bisa dilakukan dengan penekanan emosi sesuai dengan yang kita inginkan," jelas Tjandra.

Memasuki tahapan pascaproduksi, tepatnya memasukkan audio latar video, Tjandra menekankan pentingnya untuk menghindari menggunakan karya orang lain secara ilegal. Perempuan yang perjalanan karirnya juga diisi sebagai jurnalis televisi tersebut mengingatkan, setiap musik yang digunakan sebagai latar video harus didapatkan secara baik.

"Kenapa harus legal? Karena video kalian akan diunggah di media sosial Youtube. Jika ingin menggunakan musik karya orang lain, layangkan izin secara baik-baik. Tapi jika ingin yang gratis, download musik yang memang benar-benar free, ada di google atau di Youtube," pungkas Tjandra.

Workshop BNPT Video Festival dilaksanakan BNPT dan FKPT sebagai rangkaian lomba video pendek BNPT 2017. Kegiatan ini sudah dan akan dilaksanakan di 32 provinsi se-Indonesia sepanjang tahun 2017, dan merupakan salah satu metode dari pencegahan terorisme yang dilaksanakan bidang Pemberdayaan Pemuda dan Perempuan BNPT. [shk]


EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI