Agar Tak Bosan Tunggu Buka Puasa, Lakukan Hal Ini

- Senin, Mei 29, 2017
advertise pemkab bone

BONEPOS.COM - Dalam Islam, puasa (disebut juga Shaum) yang bersifat wajib dilakukan pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh dan ditutup dengan Hari Raya Lebaran. Menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat sesuai perintah dalam kitab suci umat islam Al Quran.

Puasa juga menolong menanam sikap yang baik dan kesemuanya itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya dan tidak hanya pada bulan puasa. Jika didasarkan pada ritual puasa itu sendiri, maka jika kita hendak mengakhirinya atau berbuka, maka terasa bertolak belakang jika kita tidak berbuka sekedarnya saja.

Puasa  telah diterangkan dalam firman Allah surat Al-Baqarah (2) ayat 187:

Artinya: Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu.

Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid.

Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (Q.S Al-Baqarah: 187)

Saat sudah mendekati waktu berbuka puasa, biasanya nafsu makan/lapar akan terasa begitu haus dan juga lapar. Jadi, sebisa mungkin kita harus mengalihkan rasa lapar itu dari fikiran kita agar puasa kita tidak batal nantinya. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan melakukan suatu kegiatan seru dan menarik. Jadi rasa lapar dan haus tadi bisa kita nikmati dengan hati senang sampai tiba waktunya untuk berbuka, sebagaimana dilansir glandproperty.co.id

1. Membaca Atau Menulis

Membaca memang salah satu kegiatan yang pas dilakukan saat waktu luang. Termasuk saat menunggu waktu untuk berbuka puasa. Mumpung ini bulan Ramadan, kamu bisa membaca buku-buku keagamaan atau membaca ayat suci Al-Qur’an.

Selain membaca kamu juga bisa mengisi waktu dengan menulis. Jika kamu mempunyai sebuah blog, kamu bisa menulis dengan tema Ramadan atau tema ke-Islaman atau yang lain yang berkaitan dengan ramadhan lebih baik. Berbagi ilmu itu hal yang baik bukan, jadi tidak ada salahnya kamu membagikan tulisanmu tadi ke berbagai sosmed.

2. Jalan-Jalan / Refreshing

Saat-saat menunggu berbuka di sore hari, apalagi ditemani cuaca yang cerah, sangat cocok untuk menemani kita jalan-jalan. Bisa jalan-jalan santai di taman dekat rumah, atau berkeliling dengan Sepeda dayung maupun sepeda motor menikmati indahnya pemandangan di sore hari.

Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa berburu sajian untuk berbuka puasa atau biasa disebut takjil. Ya, saat bulan Ramadan kita dapat menemui pedagang takjil dimana saja. Biasanya mereka menjual es buah, cendol, kolak pisang, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Memasak

Jika kamu bosan dengan makanan yang dibeli di luar rumah, kamu bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Seperti contohnya es buah, menu ini termasuk mudah dilakukan untuk semua orang. Kamu hanya tinggal membeli beberapa macam buah, memotongnya, kemudian mencampurnya dengan larutan gula dan atau sirup.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan beberapa cemilan seperti kue. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menu yang dibuat. Bisa-bisa kamu justru akan terlambat berbuka, karena saat adzan maghrib kamu masih saja mengurus masakan di dapur.

4. Olahraga

Meski dalam keadaan berpuasa, kita harus tetap berolahraga agar tubuh kita tetap kuat saat menjalani puasa. Tapi saat sedang berpuasa, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat. Jadi kamu tidak akan merasa haus setelah berolahraga nanti, seperti berjalan santai.

Olahraga lari dan berjalan santai bisa jadi pilihan, Tapi ingat, jangan berlari dengan tempo yang terlalu cepat. Selain itu, jarak tempuh yang akan kamu lalui juga jangan terlalu jauh. Jika biasanya kamu bisa lari dalam jarak 100 meter, kurangi saja setenganya hingga menjadi 50 meter atau 60%nya.

5. Mendengarkan Musik

Jika kamu malas untuk melakukan aktifitas di luar rumah, kegiatan berikut ini bisa jadi referensi kamu nih. Ya, mendengarkan musik memang sebuah kegiatan yang dapat dilakukan dalam suasana apapun. Tapi, di bulan suci ini, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu religi.

Ada banyak sekali lagu-lagu religi yang asyik untuk di dengarkan. Jika dihayati, lirik-lirik dari lagu tersebut begitu menenangkan hati.


EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Meikarta