Aklamasi, Andi Mappakaya terpilih jadi ketua Apdesi Bone

| 3 Mei 2017 | 18.23 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:



BONEPOS, BONE - Andi Mappakaya Amier Kades Tadangpalie kecamatan Ulaweng akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai ketua Apdesi Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Hal tersebut dipastikan setelah Haeril kepala desa Ulubalang kecamatan Salomekko secara 'legowo' mempersilahkan saingannya tersebut untuk maju sebagai ketua Apdesi Kabupaten Bone periode 2017-2022.

Steering commite Muscab Apdesi Kabupaten Bone, Saifullah Latif mengatakan salah satu penyebab Mundurnya Haeril karena dukungan tertulis Kades kepadanya tidak mencukupi persyaratan.

"Sebenarnya dukungan untuk Haeril itu sudah mencapai 98 suara namun saat di verifikasi ada puluhan yang double, dan syaratnya jika double dukungannya dinyatakan hangus, setelah di verifikasi hanya terdapat 42 yang real dan itu tidak mencukupi syarat maju sebagai calon ketua, dan jika hanya satu calon yang memenuhi syarat maka langsung ditetapkan secara aklamasi, sehingga penetapan langsung aklamasi, " kata Syaifullah dikonfirmasi tadi.

Dengan Keputusan untuk 'legowo'  tidak lanjut ke level pemilihan tersebut, Haeril meminta maaf kepada pendukungnya, kata dia kesempatan untuk maju terhalang karena syarat aturan surat dukungan tersebut.

'Inilah dinamikanya berdemokrasi, dari awal saya tidak tidak pernah disampaikan syarat itu, bahkan rancangannya tidak dapat tentang adanya pasal yang menyebutkan syarat dukungan tertulis tersebut, sehingga saya tidak menyangka akan seperti ini, " kata Haeril.

Kendati demikian, Haeril tetap menuntut Andi Mappakaya untuk membawa Apdesi lebih baik. Beberapa program untuk Apdesi yang dititipkan oleh Haeril kepada Andi Mappakaya diantaranya tunjangan kepala desa.

" Saya minta Andi Mappakaya memperjuangkan kesejahteraan kepala desa seperti tunjangan Kades yang dibatasi hanya satu juta saja agar oleh Peraturan Bupati Bone diubah agar dinaikkan maksimal tiga juta rupiah, " kata Haeril.

Andi Mappakaya Amier mengatakan dengan terpilih dirinya sebagai ketua Apdesi Kabupaten Bone, dirinya akan merangkul semua kepala desa untuk menjalankan program-program Apdesi Kabupaten Bone.

"Haeril adalah salah satu Kades yang terbaik di Bone," kata Andi Mappakaya.


EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI