Kadis Kebudayaan Bone Hadiri Pergelaran Budaya 'Songko To Bone' di Yogyakarta

- Senin, Mei 01, 2017
advertise pemkab bone



BONEPOS, JAKARTA - Pagelaran Budaya yang dipentaskan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Bone Yogyakarta (FKMB-Y) berjalan begitu khidmat, alunan musik dan tari yang mengiri drama “Songko To Bone” menghipnotis penonton larut dalam pagelaran budaya “Songko To Bone” yang dipersembahkan oleh FKMB-Y.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai macam elemen masyarakat, mulai dari Kerukukan Keluarga Sulawesi Selatan Yogykarta (KKSS) , Ikatan Keluarga Mahasiswa Daerah Se-Sulawesi selatan dan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia serta tamu undangan dari Masyarakat Yogyakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone Provinsi Sulsel, Andi Promal Pawi, hadir ditengah-tengah kehangatan keluarga besar FKMB-Y, beliau sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, karena membantu mempromosikan Kebudayaan Kabupaten Bone di Yogyakarta.

Dalam sambutan Andi Promal Pawi, berpesan dengan mengajak agar tetap melestarikan kebudayaan Bone, karena Bone merupakan pusat Kebudayaan masa lampau, jadi sebagai generasi muda seharusnya nilai-nilai kebudayaan dan prinsip-prinsip orang bugis, temmappassilaingeng, sipakelebbi, siattinglimang, sitondra ola , tessibelliang, quot; harus terpatri dalam jiwa sebagai prinsip dalam kehidupan.

Pagelaran Budaya “Songko To Bone” yang tampilkan, merupakan adaptasi dari Kerajaan Bone pada masa kerajaan kisaran tahun 1683. Songko dijadikan sebagai pembeda antara pasukan kerajaan Bone dengan pasukan musuh dalam peperangan dam ekspansi kerajaan.

Songko Recca menjadi kopiah resmi atau songko kebesaran yang digunakan Raja, Bangsawan dan para ponggawa-ponggawa kerajaan,demikian penjelasan Ar Ashar Ahmad sebagai penulis naskah drama pagelaran budaya “Songko To Bone”.

Sementara itu, ketua FKMB-Y 2016-2017, Tri Kasno Parman, menuturkan, Pagelaran Budaya “Songko To Bone“ yang diselenggarakan di Pendhapa Art Space Yogyakarta merupakan rangkaian acara dalam memperingati hari jadi Bone ke-687 di Bumi Mataram Yogyakarta.

Ada rangkaian kegiatan Bone Cup 2017 dan Seminar Nasional yang telah berlangsung mulai 17-27 April 2017 dan Pada Tanggal 29 April 2017 malam puncak sekaligus malam pembagian hadiah dari Bone Cup 2017.

"Semoga dengan Pagelaran Songko To Bone yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Bone Yogyakarta (FKMB-Y) ini , semangat melestarikan Budaya Bone di tanah perantauan semakin tinggi, dan harapannya semoga Pemerintah Kabupaten Bone bersama Dinas-Dinas terkait bisa bersinergi dengan FKMB-Y dalam Siar Budaya Bone di kota pelajar Yogyakarta,"ujarnya.


PEWARTA : JUSMAIL
EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Meikarta