OPINI: Permainan “RANGKA “ Dapat Memperluas Kosa Kata Siswa

- Rabu, Mei 03, 2017
advertise pemkab bone



BONEPOS.COM - Menumbuhkan minat baca siswa merupakan kendala yang paling sulit saya terapkan pada siswa di kelas saya (Kelas V ). Namun setelah mengikuti Pelatihan Modul III “Praktik yang Baik di Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) tentang pembelajaran membaca di Kelas Awal.

Saya mendapatkan ide untuk membuat sebuah permainan berisi pembelajaran yang bisa menumbuhkan minat baca siswa yaitu “ Merangkai Kata". Pada awal kegiatan, para siswa diberi buku bacaan yang sama ( B3). Siswa disuruh membaca  buku tersebut dengan memperhatikan kata-kata yang ada dalam buku tersebut .

Setelah siswa selesai membaca buku tersebut ,siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan tiga orang .Selanjutnya dipilih dua kelompok yang akan bertanding merangkai kata. kelompok yang satu sebagai kelompok peraga dan kelompok yang lain sebagai penebak .

Cara pelaksanaannya adalah guru memperlihatkan sebuah kartu  yang berisi kata dari buku yang  sudah dibaca yang terdiri dari tiga kata kepada kelompok peraga . kelompok peraga membagi kepada anggota kelompoknya masing masing satu  kata ,selanjutnya kelompok tersebut menyebutkan  kata tersebut secara bersamaan dengan ekspresi yang dibuat sedemikian  rupa agar  kata tersebut tidak bisa ditebak /dirangkai oleh kelompok penebak.

Begitupun sebaliknya kelompok penebak berusaha menebak /merangkai kata yang diucapkan oleh kelompok  peraga . Cara menentukan pemenangnnya adalah apabila tebakan kelompok penebak  benar maka siswa melakukan permainan “Rangka “ kelompok tersebut sebagai pemenang .

Akan dengan berbagai  ekspresi. Apa bila tebakannya salah maka dialah yang kalah. Selanjutnya kedua kelompok tersebut bertukar posisi. Begitu seterusnya sampai semua kelompok melakukan kegiatan tersebut .

Karena kegiatan ini dilaksanakan secara kompetitif , maka semua siswa berlomba untuk mengetahui semua isi dari buku yang dibaca.Setiap kelompok juga berharap bahwa kelompoknya sebagai pemenang. Hasil dari kegiatan ini siswa semakin rajin membaca dan kemampuan kosa katanya semakin meningkat . siswa juga tampak senang dan menikmati permainan yang berisi pembelajaran ini .

Oleh: Hj. Arianti, S.Pd/Guru SDN 242 Balubue, Soppeng


EDITOR : RIZAL
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Meikarta