OPINI : Surat Cinta Untuk Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

- Kamis, Mei 04, 2017
advertise pemkab bone

BONEPOS.COM - Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas" Tema Hardiknas 2 hari yang lalu. Sekedar mengingatkan Pak Mendikbud, jangan hanya pendidikan formal yang dibuat merata dan berkualitas, ingat masih pendidikan nonformal dan informal.

Kedua jalur itu berjuang keras menjangkau dan mendidik mereka yang drop out dari sekolah formal karena terlalu MAHAL, berhenti dari sekolah formal karena terlalu kaku dan bergaya bank, meninggalkan sekolah formal karena disana banyak terjadi tindakan kriminal. Pak Mendikbud, pendidikan nonformal juga butuh dipercepat dan ditingkatkan kualitasnya.

Hari ini, alumni pendidikan nonformal banyak kebingungan mencari kerja dan menerapkan ilmu yang dimiliki karena terlalu luas dan tidak memiliki wadah jika bukan kami sendiri yang membuat. Bukan hanya itu, jurusan/prodi pendidikan luar sekolah di perguruan tinggi kehilangan peminat, kenapa? Karena kompetensi dan bagian kerja PLS mengambang. Banyak prodi terancam tutup bahkan sudah ada yang tutup akibat tidak adanya mahasiswa baru. Pak Mendikbud, Anda adalah alumni PLS, SELAMATKAN PLS!

Kami alumni PLS disarankan agar berwirausaha atau mendirikan dan mengelola lembaga PNF, itu kami lakukan. Tetapi pada prosesnya, anggaran sangat sulit dijangkau. Menurut saya, tidak semua orang  memiliki jiwa berwirausaha atau kegiatan organisasi lainnya, tidak semua alumni PT mampu menciptakan lapangan kerja Pak.

Mendikbud, kenapa? Karena sistem pendidikan dan praktik pembelajaran di kampus tidak mengarahkan kami pada kemandirian. Di kampus terlalu banyak tugas dan kegiatan organisasi dibatasi. Akhirnya mental yang terbangun adalah mental pengemis. Tolong hal ini diperhatikan Pak Mendikbud. Mestinya, setiap pengelola lembaga PNF dan tutornya harus alumni PLS, dan itu wajib dibuatkan regulasinya

Sekali lagi Selamatkan PLS Pak Mendikbud

Oleh: Andi Hasdiansyah, S.Pd., M.Pd
Koordinator Wilayah Sulawesi Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMPI)

EDITOR : JUMARDI

COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Meikarta