Pemkab Sinjai Canangkan Program Gemar Membaca dan Launching Cafe Baca

- Senin, Mei 22, 2017
advertise pemkab bone
BONEPOS.COM , SINJAI - Gemar membaca seyogyanya dimulai dari lingkungan keluarga, karena keluarga merupakan lingkup yang paling strategis untuk memunculkan generasi yang berwawasan luas mampu bergaul di dunia modern yang terus bergerak dengan cepat.

Hal itu disampaikan oleh Asisten Administrasi, Perekonomian, embangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sinjai, dr. Hj. Nikmat B. Situru, M. AP ketika mewakili Bupati dalam acara Pencanangan Sinjai Gemar Membaca dan Launching Kafe Baca dengan tema, Mari Membangun Masyarakat Sinjai Melalui Budaya Baca dan Perpustakaan. Acara tersebut berlangsung di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin sore (22/5).

Ditambahkan, supaya pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat akan dilakukan terus menerus baik melalui media formal dan non formal, salah satunya melalui perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat dan untuk menjadi manusia yang cerdas tidak hanya dengan belajar sampai ke jenjang pendidikan formal tetapi harus belajar sepanjang hidup, dengan membaca di mana saja dan kapan saja.

"Pencanangan Sinjai Gemar Membaca tersebut akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan, salah satunya saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh OPD, sekolah/madrasah dan seluruh elemen masyarakat Sinjai diharapkan sebelum melakukan aktifitas agar membaca buku 10 sampai 15 menit. Kepala OPD diharapkan menindaklanjuti kegiatan ini dengan menyiapkan sarana baca pada ruang tunggu pelayanan umum",jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Sinjai, La Baba Paisal, SH, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pencanangan Sinjai Gemar Membaca dan Launching Kafe Baca dan Tempat Baca di Taman Baca adalah serentetan kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 15 April sampai 14 Juni 2017 sebagai program jangka pendek (dua bulan) dan akan dilanjutkan dalam program jangka menengah (satu tahun) dan program jangka panjang (tiga tahun) yang dikemas sebagai inovasi perpustakaan.

"Inovasi perpustakaan yang kami lakukan diawali dengan identifikasi masalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan merumuskan permasalahan, penyebab masalah, akar masalahnya dan solusi yang perlu dilakukan baik secara teknikal maupun adaptif", jelasnya.

Wujud inovasi perpustakaan sampai saat ini dalam upaya mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat antara lain telah membentuk tiga kelompok pemerhati perpustakaan, telah lahir MoU dengan Dandim 1424 Sinjai tentang Perpustakaan Bergerak, telah lahir MoU dengan Dinas Pendidikan tentang Pemanfaatan Perpustakaan, terbangunnya Kafe Baca dan Tempat Baca di taman baca yang di dukung dengan Pelayanan Internet Gratis, membuka layanan full sirkulasi mulai pukul 08.00 s.d pukul 22.00 Senin - Minggu kecuali hari besar serta memperluas layanan perpustakaan bergerak yaitu di tempat umum seperti Car Free Day, tempat wisata Tongke-tongke, tempat wisata karampuang Pattongko dan tempat wisata kuliner Tepian Sungai Tangka.

Dalam acara tersebut dilangsung pula penyerahan hadiah bagi juara 1 Lomba pidato dan lomba bercerita serta pemukulan gong sebagai tanda pencanangan dan launching.

PEWARTA : SUPARMAN WARIUM
EDITOR : RIZAL
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Banner Ops Zebra Polres Bone