Perpustakaan Nasional Gelar Raker Tehnis ISBN 2017 di Makassar

- Selasa, Mei 09, 2017
advertise pemkab bone

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Perpustakaan Nasional RI selama sehari, menggelar rapat kerja tehnis ISBN 2017 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 9 Mei 2017. Rapat dihadiri para penerbit sebanyak 50 yang ada di wilayah Sulsel. Peserta raker  diseleksi dari pernerbit yang aktif melakukan interaksi mengurus ISBN.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulsel diwakili Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulsel, Drs. H. Abd Rahman, MM.

Turut hadiri Kepala Direktorat Deposit Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Dra. Lucya Dhamayanti, M.Hum. Kepala Bidang Deposit Kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Sulsel, Drs. Syahruddin Umar. Ketua IKAPI Sulsel, Goen Monoharto.

Abd Rahman dalam sambutannya menyambut baik rapat kerja tehnis, karena secara langsung memberi kontribusi bagi pengembangan dan pembinaan penerbitan di daerah.

Selain itu akan mendorong pertumbuhan koleksi deposit daerah dari para penerbit yang selama ini masih relatif kecil yang menyerahkan arsip terbitan, tandasnya.

Pada rapat kerja tehnis itu tampil secara panel tiga nara sumber masing-masing; Kepala Direktorat Deposit Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Dra. Lucya Dhamayanti, M.Hum, dengan materi ‘Pengembangan Koleksi Deposit Nasional Hasil Tulisan anak Bangsa.

Nara sumber kedua, Perkembangan ISBN dan Implementasi Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI, No.7/2017 tentang Tata Cara Pemberian ISBN oleh Ketua Kelompok ISBN, Retno Gunarti, S.Sos.

Pemateri ketiga soal, Perhimpunan Pengelolaan dan Penggunaan Koleksi Deposit Nasiona; oleh Koordinator Pengelolah Karya Cetak dan Karya Rekam, Dra. Tatat  Kurniawati.

Selama panel pemaparan materi disertai dengan tanya jawab, tampil selaku moderator adalah Kepala Bidang Deposit Kantor Arsip dan Perpuastakaan Daerah Sulsel, Drs. Syahruddin Umar.

Peserta dalam rapat tehnis di antaranya para penerbit buku yakni; Fahmis Pustaka, Pustaka Refleksi, Yapensi, Laskar Perubahan, Poltekkes Makassar, Unhas, UIN Alauddin Makasar, UNM, Nas Media Pustaka, La Macca, Celebes Media Perkasa, Aksara Timur dan beberapa penerbit lainnya. (yahya)


EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Meikarta