Sambut Harla Pancasila, Kesbangpol Bone Gagas Laboratorium Masyarakat Pancasila

- Rabu, Mei 31, 2017
advertise pemkab bone

BONEPOS.COM, BONE - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bone Sulawesi Selatan menyambut Hari Lahir Pancasila dengan menggagas Laboratorium Masyarakat Pancasila dengan tujuan membentuk Desa Pancasila, Rabu 31 Mei 2017.

Program Laboratorium Masyarakat Pancasila tersebut diberi nama "Wanua Sumange' Teallara" yang berasal dari kata dan filosofi Bugis yang bermakna "Rumah/Desa/Kampung yang memiliki semangat juang dan pantang menyerah dalam mempertahankan keyakinannya".

Kepada Bonepos.com Kepala Kesbangpol Bone Dray Vibrianto, menuturkan bahwa perbedaan program Wanua Sumange Teallara dengan program pembangunan desa lainnya adalah ketika selama ini yang sering terdengar yaitu desa mandiri, desa kreatif dan rata-rata bertujuan pendekatan ekonomi. Sedangkan "Wanua Sumange Teallara" sendiri adalah membangun masyarakat Desa berbasis Ideologi Pancasila.

"Iye ndi, itu programku, sekarang rata-rata program pembangunan menitik beratkan pada pendekatan ekonomi, sementara masalah terbesar bangsa ini adalah masalah Ideologi. Dimana pancasila sebagai ideologi bangsa mulai terlupakan nilai-nilainya terutama dikalangan generasi muda. Ketika suatu bangsa kehilangan ideologinya maka seperti tubuh tanpa jiwa, tinggal menunggu kehancuran saja,"ujar Dray.

Dray mengatakan, pioner dalam melaksanakan program "Wanua Sumange Teallara" adalah kerja sama Pemerintah Daerah termasuk didalamnya kepolisian, TNI, kejaksaan, DPRD dan kemenag dan "Civil Society" (NGO, MUI, NU, Muhamadiyah, Pemuda Pancasila dll)

Sebagai langkah pertama pelaksanaan Program Wanua Sumange Teallara akan diterapkan pada dua kelurahan dan satu desa yaitu Kelurahan Pallette, Kelurahan Bulu Tempe serta salah satu Desa di Kecamatan Libureng.

"Bertepatan dengan momentum Hari Lahir Pancasila sangat tepat untuk kembali meneguhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa ndi dan untuk menyukseskan program ini maka saya mohon dukungan dari semua pihak,"Kata Dray.

Adapun Sasaran program "Wanusumange Teallara" adalah kelompok-kelompok masyarakat dengan pendekatan:

1. Membangun kembali karakter Pancasila di masyarakat dengan titik sentral "revitalisasi peran masjid" sebagai pembangunan karakter religi masyarakat dan benteng masuknya paham, ideologi dan Budaya yang bertentangan dengan Pancasila

2. Menghidupkan kembali nilai2 kearifan lokal masyarakat bugis "Local Whisdom" dalam kehidupan bermasyarakat dengan prinsip "Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge'".


PEWARTA : IWAN TARUNA
EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Meikarta