Organisatoris Ini Juara Lomba Baca Berita Tiga Bahasa

| 19 Juni 2017 | 11.00 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
BONEPOS.COM, MAKASSAR - Profil mahasiswa berprestasi kali ini adalah Yaumilkhairiyyah. Mahasiswa semester 2 UIN Alauddin Makassar, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Prestasi yang telah diraih  adalah juara 1 lomba baca berita 3 bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)  diselenggarakan oleh Ma’haj Al-jamiah UIN Alauddin Makassar. Lomba ini diikuti oleh mahasiwa UINAM yang berstatus sebagai mahasiswa semester 2 dan 4.

Yaumilkhairiyyah atau sapaan akrabnya Umi, lahir di Watampone. Tepatnya Kading, 19 Januari 1999. Anak bungsu dari 4 bersaudara dari pasangan H. Mandu, T dan Dra. Hj. Su’aidah. Ia menyelesaikan pendidikan di SD. Inpres 3/77 Watu   2010. Kemudian masuk di SMP Negeri 2 Barebbo. Tahun 2016, menyelesaikan SMA Negeri 2 Model Watampone yang kemudian berubah menjadi SMA 3 Bone.

Umi tidak terlalu berharap dapat menjuarai lomba ini, karena kemampuannya dalam bahasa Arab, masih sangat minim, ditambah ia harus membaca berita dengan fasih. Akan tetapi, ia memiliki motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi. Menurutnya, ia hanya ingin mencari pengalaman saja, agar dia bias membanggakan kedua orang tuanya.

Dia memang sering mengikuti perlombaan dan langganan juara, seperti pernah juara 3 lomba debat pendidikan remaja sebaya tingkat Sul-sel di SMA Negeri 10 Makassar, juara 2 lomba debat kepalangmerahan tingkat Sulsel-bar di UNHAS, dia juga pernah mewakili Kab. Bone untuk mengikuti Jumbara di Pangkep.

Mahasiswa ini, aktif berorganisasi sejak SMA,  pernah menjabat sebagai ketua PMR (Palang Merah Remaja), sebagai kordinator divisi keagamaan di OSIS, sebagai bendahara di KPWTB( Keluarga Pelajar Wija To Bone). Bahkan dia juga aktif dalam organisasi ROHIS (Rohani Islam) di sekolahnya.

Hal inilah yang membuatnya tidak terlalu gugup dalam membaca berita di depan para juri yaitu dosen-dosen dari UIN Alauddin itu sendiri.

”Semakin kita sering tampil di depan umum,semakin meningkatkan rasa percaya diri kita.” Ungkap mahasiswa ini.

Keaktifannya dalam berorganisasi, kembali ia terapkan di masa perkuliahan sekarang. Dia mengikuti organisasi LDK AL-Jami(Lembaga Dakwah Kampus), GRAPIK (Gerakan Pemuda Intelektual Kolektif) yang bergerak di bidang kepenulisan, dan rencana dia juga akan mengikuti organisasi TEXTURE yang bergerak di bidang fotografer dan desain komunikasi visual, yang sangat terkait dengan jurusannya, yakni Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Kecintaanya terhadap organisasi, tidak mengganggu prestasinya selama kuliah. Ia mendapatkan IPK 3,90 pada semester 1. Ia berharap agar mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasinya selama ini dan mengembangkan prestasinya di tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Laporan: Ana Fitriana
(KPI UIN Alauddin Makassar)

EDITOR : RIZAL
COPYRIGHT © BONEPOS 2017
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI