Besok, Demokrat Makassar Buka Penjaringan Bakal Calon Walikota

- Rabu, Juli 19, 2017
advertise pemkab bone
Tim Desk Pilkada, saat jumpa pers di Hotel Marine Makasar, Jalan Jend Sudirman Rabu 19 Juli 2017, bahas penjaringan bakal calon wali kota Makassar.  (BONEPOS/RAHMAN HASANUDDIN).
BONEPOS.COM, MAKASSAR - Tim Desk Pilkada DPC Demokrat Makassar baru akan memulai tahapan penjaringan bakal calon wali kota/wakil wali kota Makassar, Kamis 20 Juli 2017 besok.

Penjaringan ini dibuka untuk umum, baik itu kader internal maupun figur eksternal yang ingin mengendarai Partai Demokrati di Pilwalkot Kota Makassar.

"Sebetulnya berdasarkan instruksi DPD Demokrat Sulsel tentang Pilkada Serentak 2018, pendaftaran dibuka mulai tanggal 17 Juli kemarin.  Tapi kami baru akan mulai besok. Keputusan ini kami ambil setelah kami melakukan rapat bersama tim Desk Pilkada,"  ujar Ketua Tim Desk Pilkada, Nuryanto G Liwang saat jumpa pers di Hotel Marine Makasar, Jalan Jend Sudirman Rabu 19 Juli 2017 sore tadi.

Tim Desk Pilkada Demokrat Makassar ini berjumlah 7 orang. Selain Nuryanto selaku ketua, Abdi Asrama didaulat menjadi sekretaris. Dan ada lima anggota, yaitu Fatmawati Mahyuddin, Wartini Ukkas, Zulkifli Thahir, Haeruddin Hafid dan Bakri Arifuddin.

Nuryanto menjelaskan bahwa ada dua tahapan di Desk Pilkada Demokrat Makassar. Selain pengambilan dan pengembalian formulir bakal calon, juga ada uji publik pendaftar.

"Istilah kami itu ekspose publik. Kami akan bicarakan lebih lanjut soal itu. Yang pasti, gambarannya nanti, para kandidat akan memaparkan visi-misi awalnya kepada kami secara terbuka. Kami prioritaskan dalam eskpose publik itu dari kader Demokrat di tingkat kecamatan. Agar kita bisa tahu, dan kader juga paham, apa yang ingin dilakukan oleh kandidat usungan Demokrat ke depan," jelasnya.

Berikut tahapan Tim Penjaringan Desk Pilkada Demokrat:

  1. 17-26 Juli 2017 - Pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota, sekaligus survei internal dari partai kepada bakal calon kandidat
  2. 27-31 Juli 2017 - Ekspose publik.
  3. 1-3 Agustus 2017 - Penyerahan berkas hasil penjaringan di tingkat DPC Demokrat Makassar ke DPD Demokrat Sulsel
  4. 4-7 Agustus - Verifikasi berkas oleh DPD Demokrat Sulsel untuk bakal calon wali kota dan wakil wali kota.
  5. 8-10 Agustus - Penetapan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota
  6. 6. 10-16 Agustus - Fit and Proper Test (Uji Komitmen) oleh DPD Demokrat Sulsel untuk bakal calon wali kota dan wakil wali kota.


Penulis : Rahman Hasanuddin
Editor : Rizal Saleem
Meikarta