Bupati Soppeng Lepas 253 Jamaah Calon Haji Tahun 2017

- Sabtu, Juli 22, 2017
advertise pemkab bone
Para Jamaah Calon Haji Soppeng bersalaman dengan H. Andi Kaswadi saat pelepasan di ruang pola Kantor Bupati Soppeng Jumat 21 Juli 2017.  (BONEPOS/NUR ALAM)
BONEPOS.COM, SOPPENG - Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak secara resmi melepas 253 JCH Kabupaten Soppeng ditandai penyerahan Bendera Merah Putih kepada Tim Pemantau Haji Daerah (TPHD) Syahruddin M. Adam di ruang pola Kantor Bupati Soppeng Jumat 21 Juli 2017.

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh JCH yang telah diberi Rahmat oleh Allah untuk menunaikan rukun islam kelima yang merupakan impian semua umat islam.

Kaswadi Razak juga berharap agar seluruh JCH dapat menjaga kesehatan fisik dan mental agar dapat menunaikan ibadah haji di tanah suci tanpa kendala apapun, menjaga nama baik bangsa Indonesia, saling mengingatkan dan menjaga kekompakan selama di tanah suci.

“Jamaah Calon Haji agar mematuhi semua yang disampaikan oleh petugas, termasuk ketua rombongan dan ketua regu masing-masing agar pelaksanaan ibadah haji dapat terlaksana dengan baik, tertib dan lancar tanpa mengalami kendala sekecil apapun sehingga dapat menunaikan ibadah dengan khusyuk dan memperoleh predikat haji yang mabrur” harapnya.

Kepala Kemenag Soppeng Dr. H. Huzaemah, M. Ag melaporkan bahwa kuota jamaah haji Kabupaten Soppeng tahun ini sebanyak 251 orang. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 199 orang jamaah. Hal tersebut dikarenakan adanya pengembalian kuota normal dari pemerintah kerajaan arab saudi setelah terjadi pemotongan kuota 20% untuk Indonesia sejak tahun 2013 yang lalu.

Dari 251 jamaah tersebut, terdapat 4 orang jamaah penggabungan mahrom (suami-isteri), 1 orang penggabungan anak dan orangtua, ditambah 1 orang Tim Pemantau Haji Daerah (TPHD) dan 1 orang jamaah mutasi dari Provinsi Sulawesi Tengah, sehingga jumlah jamaah calon haji Kabupaten Soppeng yang akan berangkat pada tahun 2017 sebanyak 253 orang dengan rincian 82 jamaah laki-laki dan 171 jamaah perempuan.

Kakan Kemenag juga melaporkan jamaah calon haji tertua tahun ini atas nama Muhammad Kaseng Bin Lamangali berumur 84 tahun berasal dari Madining Kecamatan Marioriawa, sementara jamaah calon haji termuda atas nama Nurul Arbiul Akhirin Binti Tammase dengan umur 25 tahun berasal dari Kecamatan Lilirilau.

JCH Kabupaten Soppeng terdiri dari 6 rombongan dan 23 regu, tergabung dalam kloter II Embarkasi Hasanuddin Makassar bersama JCH Kabupaten Bantaeng dan Kota Makassar.  Insya Allah akan diberangkatkan ke Asrama Haji Sudiang Makassar pada tanggal 28 Juli 2017 dan diterima di Asrama Haji Sudiang Makassar pada tanggal 28 Juli 2017

Jamaah Calon Haji Kloter II akan didampingi 1 orang TPHI (Tim Pembimbing Haji Indonesia), 1 orang TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia), 1 orang TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) dan 2 orang Paramedis.

Penulis : Nur Alam Abra
Editor : Rizal Saleem
Meikarta