Daftar Pemilih Sementara Beredar, KPU Sulsel: Kita Belum Pemutakhiran Data

- Selasa, Juli 18, 2017
advertise pemkab bone
Mardiana Rusli 
BONEPOS.COM, MAKASSAR - Komisioner KPU Sulsel, Mardiana Rusli menegaskan bahwa hingga kini KPU Sulsel tidak pernah merilis data jumlah pemilih sementara untuk Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Menurut Ana sapaan Mardiana Rusli, data pemilih pada Pilgub Sulsel yang beredar di media massa, yakni 6.279.350 pemilih adalah data estimasi anggaran. Bukan data pemilih sementara.

"Jadi yang beredar 6.279.350 itu tidak ada wong kita tidak pernah melakukan pemutakhiran data. DP4 (daftar penduduk pemilih potensial pemilihan - Red) baru diserahkan di bulan September", tegas Ana, Selasa 18 Juli 2017.

Dalam diskusi publik 'Menyorot Data Pemilih pada Pilgub Sulsel' di Warkop Phoenam, Jl Boulevard, Kota Makassar, Ana menjelaskan, pemuktahiran data pemilih itu berdasarkan DP4 yang diturunkan oleh Mendagri melalui KPU RI.

"Jadi sekali lagi tidak ada data sementara, yang ada data terakhir DPT Pilpres 6.426 juta sekian. Jadi ini DPT, DPK, DPT1 dan DPT2. Itulah kemudian kita naikkan, kita estimasi, kira-kira pergerakan penduduk untuk pilgub 2018 dengan potensi pemilih pemula itu berapa. Jadi kita letakkan 6,2 untuk kebutuhan anggaran," kata Ana.

Mantan Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) itu menambahkan, saat ini KPU tetap memantau pergerakan jumlah penduduk. Entah itu yang meninggal, ganda dan sebagainya.

Penulis : Rahman Hasanuddin
Editor : Rizal Saleem
Meikarta