Panitia Tetapkan 11 Syarat Bakal Calon Ketua KONI

- Sabtu, Juli 22, 2017
advertise pemkab bone
Logo KONI. (BONEPOS)
BONEPOS.COM, MAKASSAR - Panitia penjaringan dan penyaringan bakal calon ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan, menerapkan 11 syarat untuk dipenuhi agar bisa mencalonkan diri pada Musyawarah Provinsi ‎(Musprov) yang digelar September mendatang.

"Bakal calon ketua harus memperoleh rekomendasi dukungan dari sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) anggota KONI Sulsel yang sah, yaitu sekurang-kurangnya terdiri atas 3 KONI kab/kota dan 7 (tujuh) Induk Cabang Olahraga dan/atau Badan Fungsional Keolahragaan Berdomisili di dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan." Kata Sekertaris Penyelenggara Musyawarah Provinsi KONI Sulsel Amba Syam

Selanjutnya Amba Syam menambahkan, memperoleh izin tertulis dari atasan yang berwenang bagi Bakal Calon yang berstatus PNS atau Anggota TNI/Polri.‎ Ketiga, mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi KONI. Persyaratak keempat yakni tidak sedang menduduki jabatan struktural pada instansi negeri, atau tidak sedang menduduki jabatan publik.

Selain itu, bakal calon ketua KONI juga mempunyai visi dan misi terhadap pembinaan masyarakat olahraga di Sulawesi Selatan.

"Persyaratan keenam yakni, mampu menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha dan instansi yang terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bakal calon ketua KONI Sulsel juga mampu menggalang kerjasama dengan badan-badan keolahragaan tingkat nasional dan regional. Serta tidak pernah melanggar ketentuan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2007. Termasuk lanjutnya, bersedia dan sanggup untuk menjadi Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Selatan Masa Bakti 2017-2021.

"Juga bersedia untuk memperkenalkan diri dan memaparkan visi dan misinya sebagai Calon Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Selatan Masa Bakti 2017-2021 pada Musorprov KONI Sulawesi Selatan Tahun 2017," ujarnya lagi.

Menurut Ketua Panitia Penjaringan dan penyaringan Bakal calon ketia KONI Sulsel Yasser Wahab Musyawarah Provinsi KONI Sulsel memang terus dimatangkan, bahkan saat ini dua lokasi yang akan dijadikan tempat yakni Hotel Swiss Bell Ini dan Gammara Hotel. Bahkan kedua lokasi tersebut sudah ditinjau sebagai persiapan agenda musprov yang juga akan memilih ketua. Selain itu, pendaftaran akan dimulai pada 7 hingga 12 agustus, setelah itu dilakukan tahap pemeriksaan berkas.

"Untuk tahapannya ada 9 pendaftaran, pemeriksaan berkas, pemberitahuan berkas yang belum lengkap, rapat panitia verifikasi," kata ketua Panitia Penjaringan dan penyaringan Bakal calon ketia KONI Sulsel Yasser Wahab.

Dia  menjelaskan, untuk selanjutnya dilakukan pengumuman hasil verifikasi pada tanggal 26 Agustus. "Dan akan disanggah pada tanggal 29 sampai 31 Agustus. Terakhir 8 September baru pengumuman calon ketua," jelasnya.

Penulis : Iwan Taruna
Editor : Rizal Saleem
Meikarta