Razia di Tikungan Tajam, Satlantas Polres Bone Bahayakan Keselamatan Pengguna Jalan

- Jumat, Juli 28, 2017
advertise pemkab bone
(Ilustrasi) Razia polisi.
BONEPOS.COM, BONE - Razia kendaraan yang digelar Satlantas Polres Bone diduga kerap membahayakan pengguna jalan, terutama pemotor. Pasalnya, razia tersebut kerap digelar hanya beberapa meter setelah tikungan tajam tanpa disetai rambu-rambu peringatan. Akibatnya, pemotor kerap kelabakan dan nyaris jatuh dari motornya.

Seperti yang terlihat di tikungan tajam dan menurun jalan poros Bone-Makassar tepatnya di Desa Mico, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Jumat 28 Juli 2017 sore. Polisi menghadang pengendara roda 2 yang menuju Kota Bone maupun ke Makassar tepat beberapa meter saja setelah tikungan tersebut.

Sebanyak lima orang petugas Satlantas nampak menghadang para pengendara motor dan mobil. Mereka berdiri di tengah jalan sembari membentangkan kedua tangannya. Sontak sejumlah pemotor yang laju kendaraannya cukup kencang terkejut dan kelabakan menghentikan laju motornya. Tak sedikit pula yang nyaris terjatuh.

"Seharusnya kan ada rambu-rambu peringatan minimal 50 meter sebelum lokasi razia. Apalagi ini di tikungan yang tidak terlihat, jalan menurun lagi. Polisi ini tak menghiraukan keselamatan pengguna jalan," kata salah seorang pengguna jalan, Andi (35) kepada Bonepos.com di lokasi.

Hal senada dikatakan warga setempat. Pria yang enggan namanya dimediakan ini mengaku sudah biasa melihat pemandangan seperti ini. Menurutnya, polisi menggelar razia di lokasi yang sama setidaknya hampir tiap hari.

Dia menyebutkan, lokasi razia yang berjarak beberapa meter dari tikungan tajam, kerap kali membuat pengendara motor nyaris terjatuh lantaran terkejut dengan petugas yang tiba-tiba menghadang.

Belum lagi rambu peringatan adanya razia lalu lintas sebelum tikungan tersebut tidak jelas terlihat, lantaran disimpan tepat didepan mobil patroli yang kesannya tersembunyi.

"Sering kali mi pengendara motor hampir jatuh karena kaget, terutama yang melaju kencang saat menikung. dari arah Taccipi," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bonepos.com, lokasi yang dipilih untuk razia lalu lintas ini memang strategis. Para pengendara roda 2 yang melanggar tak berkutik lantaran tak bisa balik arah atau masuk ke jalan tikus untuk menghindari petugas.

Penulis : Amry Amas 
Editor : Rizal Saleem
Meikarta