Aksi Sosial Donor Darah FMP Kumpulkan 49 Kantong Darah

- Jumat, Agustus 18, 2017
advertise pemkab bone
Aksi Sosial Donor darah FMP Kumpulkan 49 Kantong Darah
Meriahkan Hut RI ke-72 FMP Gelar Aksi Sosial Donor Darah. (BONEPOS/ILHAM ISKANDAR)

BONEPOS.COM, BONE - Berbagai cara menyambut dan memeriahkan Hut proklamasi RI ke 72 tahun 2017 ini, termasuk aksi sosial donor darah Forum Merah Putih (FMP) yang tergabung dari pemuda dan alumni Paskibra Sekolah se-kab.Bone yang berhasil mengumpulkan dan menyumbangkan 49 kantong darah.

Aksi sosial donor darah tersebut berlangsung kurang lebih empat jam yakni dimulai pada pukul 11:00 Wita, dan baru berakhir pukul 15:00 Wita. Dimana aksi donor darah ini, FMP satu bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bone, sehingga sejumlah petugas medis dan dokter langsung turun ke lokasi dan melakukan pengecekan dan pengambilan darah dari para pendonor yang memenuhi syarat.

Sekjen FMP, Zainal kepada Bonepos.com, menjelaskan, kegiatan donor darah selain sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hut Proklasi RI 72, juga sebagai bagian dari sosialisasi dan perkenalan awal forum ini kepada masyarakat dan pemerintah daerah.

Dijelaskannya, dalam menyukseskan kegiatan ini, selain bekerja sama dengan UTD dan PMI sebagai lembaga yang bisa melakukan kegiatan donor darah, pihaknya juga bekerja bersama Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Pemda Suara Bone Beradat (SBB) Fm sesuai dengan teman Hut Proklamasi RI 72 "Bekerja Bersama" wujudkan masyarakat Bone Sehat, Bone Cerdas, Bone Sejahtera.

"Selain bekerja bersama LPPL SBB Fm kita juga undang teman-teman dari siswa/siswi Paskibra beberapa sekolah dan syukurlah ada perwakilannya yang ikut mengambil bagian dalam aksi kali ini,"
jelasnya.

Selain mengundang siswa/siswi paskibra sekolah, acara aksi sosial ini juga dirangkaikan dengan kegiatan pesta rakyat Aksi Merdeka di Sungai Baranjangan. Berbagai perlombaan dihadirkan untuk menghibur masyarakat sekitar.

lomba yang digelar seperti lomba tarik tambang disungai, lomba pukul bantal disungai, dan lomba karaoke kemerdekaan yang disuguhkan langsung oleh Radio Suara Bone beradat (SBB) Fm. Acara Aksi Merdeka di Sungai Baranjangan langsung dibuka oleh Bupati Bone DR.Andi Fahsar M Padjalangi.

"Kami berharap aksi kecil kami ini, selain menghibur masyarakat sekitar, juga bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan transfusi darah," tandasnya.

Salah satu petugas dari UTD PMI Kab Bone, Anca, kepada Bonepos, Rabu (16/7/2017) menjelaskan, aksi ini sangat membantu pihaknya dalam memenuhi permintaan darah dari rumah sakit-rumah sakit yang ada di wilayah Kab.Bone, yang semakin hari semakin meningkat.
Penulis   : Ilham Iskandar

Editor     : Jumardi Ramling
Meikarta