Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pakai Songkok To Bone, JK Pakai Blangkon

| 16 Agustus 2017 | 14.22 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
jokowi, JK, Bugis, Bonepos
BONEPOS.COM, JAKARTA - Hadir di sidang tahunan MPR Rabu 16 Agustus pagi tadi, presiden Jokowi langsung menyita banyak perhatian. Betapa tidak, jika biasanya ia mengenakan setelan jas dengan peci hitam ketika menghadiri acara kenegaraan, namun kali ini dirinya justru lebih memilih untuk mengenakanan pakaian adat.

Menariknya, ia memilih untuk memakai pakaian adat Bugis, dari Sulawesi Selatan, yang tidak lain merupakan daerah asal wakil presiden Jusuf Kalla. Sedangkan, Ibu Iriana terlihat  menyesuaikan dengan Jokowi. Tampak ia mengenakan baju Bodo warna merah dengan hiasan khas di rambutnya.

Sementara itu, Jusuf Kalla yang tiba di Gedung MPR/DPR RI Senayan bersama sang istri, Mufidah Jusuf Kalla juga turut membuat kejutan. JK, sapaan akrab bapak wapres, yang juga diketahui berdarah bugis Bone ini, justru mengenakan pakaian adat Jawa. Ia menggunakan beskap hitam lengkap dengan blangkon dan keris tersemat di bagian belakang. Ibu Mufidah pun tampak anggun dengan balutan kebaya dan kain batik khas Jawa.

Penampilan kontras kedua tokoh pemimpin bagsa ini, sontak menuai banyak pujian. Banyak pihak menilai kedua sosok pemimpin negara ini seolah ingin menunjukkan jika di Indonesia, dengan keberagaman suku dan budaya yang sangat melimpah, bukan sebuah hal yang mustahil untuk tetap bisa berbaur demi menjaga persatuan dan kesatuan.

Untuk diketahui, kehadiran Jokowi dalam sidang tahunan dalam rangka HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, ialah dalam  untuk menyampaikan pidato kenegaraan tentang  hasil evaluasi kinerja pemerintah dan seluruh lembaga-lembaga negara sepanjang 2017.

Editor     : Rizal Saleem
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI