Hindari Penyimpangan Jelang Pilkada 2018, KPU Sinjai Gelar Rakor

- Selasa, Agustus 29, 2017
advertise pemkab bone
KPU Sinjai Gelar Rakor
Rapat Kordinasi KPU Sinjai jelang Pilkada 2018

BONEPOS.COM, SINJAI - Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pilkada 2018, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menggelar rapat koordinasi setiap Devisi dan mengundang beberapa stakeholder, Selasa 29 Agustus 2017.

Rakor ini dilaksanakan di ruangan pertemuan warung Nikmat Sinjai, berlangsung sejak 29 hingga 31 Agustus 2017.

Rapat kordinasi ini menekankan kepada para peserta rapat untuk terus menjaga integritas dan kredibilitas penyelenggaraan Pilkada sehingga kualitas Pilkada dapat berjalan dengan baik aman dan tentram sesuai dengan aturan perundang-undangan

Ketua KPU, Muhammad Arsal Arifin juga menekankan untuk melaksanakan seluruh tahapan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan sekecil apapun.

“Jangan ada pelanggaran dan pemihakan kepada pasangan calon,” tegas Arsal.

Misalnya di dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara, penyelenggara wajib menghindari potensi penyimpangan yang berakibat berubahnya hasil perolehan suara di luar ketentuan serta proses pemungutan dan penghitungan suara harus diselenggarakan secara transparan, tepat waktu dan melibatkan pihak-pihak lain sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Di dalam pencalonan juga, penyelenggara harus paham benar yang dimaksud dengan syarat pencalonan dan syarat calon. Proses pencalonan terutama saat melakukan verifikasi juga harus dilaksanakan sesuai ketentuan dan jadwal yang sudah ditetapkan,” kata Arsal.


Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Jumardi Ramling
Meikarta