Ini Dia Tiga Sosok Wanita Pembuat Songkok Recca yang Dikenakan Jokowi

| 17 Agustus 2017 | 03.42 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Jokowi, Songkok Recca
Presiden RI Joko Widodo saat menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2017. (BONEPOS/IST).

BONEPOS.COM, BONE - Songkok Recca atau yang dikenal dengan sebutan Songkok To Bone yang dikenakan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) pada pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2017 ternyata dibuat oleh tiga orang wanita.

Hj Ratna Ramli, salah seorang warga di Desa Paccing, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan ini mengaku kalau songkok to bone yang dikenakan oleh orang nomor satu Indonesia itu merupakan hasil dari kerajinan tangannya.

"Tiga orang saya buat songkok yang dikenakan pak Jokowi. Saya, mama dan adik saya bernama Hj Ratma," ungkap Hj Ratna saat dihubungi Bonepos.com, Rabu 16 Agustus 2017.

Wanita ini menjelaskan, bahwa songkok yang dikenakan mantan Gubernur DKI itu menggunakan emas batangan murni dan secara khusus dipesan oleh Gubernur Sulawesi Selatan H Syahrul Yasin Limpo.

"Iya (Pak Syahrul) itu pun lewat ajudannya. Kalau songkok itu menggunakan emas murni diatas emas 23 karena ini batangan, soalnya kalau bukan emas murni tidak bagus ditarik jadi benang putus-putus," jelasnya.

Sementara itu saat ditanyakan mengenai harga songkok to bone yang dikenakan Jokowi, Hj Ratna menyebutkan kalau harganya mencapai Rp 75 juta.

"Iye sekitar 75 juta. Umumunya pejabat kalau mau dibuatkan songkok pamiring ulaweng atau emas selalu pesan disini (Usaha Songkok H Ramli)," ungkapnya.

Penulis   : Iwan Taruna
Editor     : Rizal Zaleem
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI