Jokowi Pakai Songkok Recca, JK Pakai Blangkon, Begini Tanggapan Warga Bone

| 16 Agustus 2017 | 14.20 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Jokowi Pakai Songkok Recca, JK Pakai Blangkon, Begini Tanggapan Warga Bone
Presiden Jokowi Saat Menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR RI. (Foto: Tribun Timur)

BONEPOS.COM, BONE - Sidang tahunan serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan RI di Gedung MPR/DPR RI Senayan, Jakarta Pusat yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Rabu 16 Agustus 2017.

Ada penampilan yang terlihat unik dan berbeda pada hajatan sidang tahunan ini saat Presiden Jokowi membawakan pidato kenegaraan pada kegiatan tersebut.

Pakaian yang dikenakan Jokowi dan Jusuf Kalla nampak berbeda, Jokowi nampak mengenakan busana adat Bugis, dari Sulawesi Selatan dengan memakai songkok recca, sementara Jusuf Kalla mengenakan busana adat dari Jawa Tengah.

Menanggapi hal itu, salah seorang warga di Bumi Arung Palakka, julukan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, mengaku merasa bangga dengan pakaian adat bugis Bone yang dikenakan orang nomor satu di Republik ini.

"Kami selaku warga Bone sangat bangga baju adat Bone di pakai pak Presiden Jokowi," ungkap Andi Resky Trinanda Sakti kepada Bonepos.com.

Untuk diketahui, Songkok Recca to Bone umumnya 2 warna yaitu warna hitam dan krem dengan warna pamiring keemasan. Pada masa kejayaan kerajaan Bugis dan Makassar, songkok ini hanya bisa dipakai dari kalangan bangsawan tinggi dan memiliki aturan-aturan.


Penulis   : Ilham Iskandar
Editor     : Jumardi Ramling
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI