La Makkawa Bone Akan Pamerkan 3000 Bilah Badik, Ini Targetnya

- Minggu, Agustus 13, 2017
advertise pemkab bone
Andi Promal Pawi. (BONEPOS.IST)
BONEPOS.COM, BONE - Lembaga pemerhati parewa bessi (LPPB) La Makkawa Kabupaten Bone bakal menggelar pameran akbar benda pusaka dan pentas seni di kompleks Museum Lapawowi, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada awal Desember 2017 mendatang. Demikian diungkapkan Ketua LPPB La Makkawa, Andi Promal Pawi, Sabtu 12 Agustus 2017.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone ini mengatakan, pameran tersebut merupakan rangkaian peringatan hari jadi LPPB La Makkawa yang ke-4 tahun.

Dalam pergelaran itu, ditargetkan mampu memecahkan rekor Museum Republik Indonesia (MURI) dengan menampilkan 3000 kawali atau badik (senjata tradisional bugis) terbanyak yang pernah digelar di Indonesia.

"Target kami minimal bisa ada 3000 bilah badik milik orang Bone untuk dipamerkan, termasuk juga pusaka milik orang Bone kendati bermukim di luar daerah, sekarang masih tahap sosialisasi kegiatan ini, kami meminta warga Bone untuk berpartisipasi mengikutkan pusaka badiknya untuk dipamerkan," ungkap Andi Promal.

Mantan Kabag Humas Pemkab Bone ini menyakini,  jumlah 3000 bilah badik pusaka tersebut masih sedikit dibanding pusaka yang dimiliki orang Bone, karena badik adalah salah satu jenis benda pusaka yang diwariskan dari generasi ke generasi disetiap keluarga yang ada di Bone, dan hingga kini hal tersebut masih terpelihara dengan baik.


Penulis   : Ilham Iskandar
Editor     : Jumardi Ramling
Meikarta