Lembaga Survei SII Rilis Popularitas dan Elektabilitas Kandidat di Sinjai

- Sabtu, Agustus 26, 2017
advertise pemkab bone

BONEPOS.COM, SINJAI - Lembaga survei Sinergi Indeks Indonesia (SII) akhirnya merilis hasil survei popularitas dan elektabilitas para kandidat yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah di kabupaten sinjai 2018 mendatang.

Dengan menggunakan 800 Responden dan 30 Surveyor,  Lembaga survei Sinergi Indeks Indonesia tersebut telah melakukan survei di kabupaten sinjai sejak akhir Juli hingga pertengahan Agustus 2017, sehingga dapat dipastikan tingkat keakuratan survei yang dilangsir Lembaga Sinergi Indeks Indonesia sejak Juli hingga Agustus ini sangat tinggi dan hanya memiliki Margin of error 3%.
 
Menurut Andi Barlianto Asapa,  pada lazimnya survei dilakukan 2 sampai 3 bulan, namun pihaknya hanya menggunakan waktu kurang lebih 2 minggu. Ia yakin dengan tingkat keakuratan hasil survei lembaga Sinergi Indeks Indonesia Juli hingga pertengahan Agustus 2017 sangatlah tinggi.

"Hasil survei yang telah kita lakukan ini tingkat keakuratannya sangatlah tinggi, dan survei ini masih bisa bergeser sebulan atau dua bulan kedepannya, namun hasil survei yang kami langsir terhitung Juli hingga pertengahan  Agustus Margin of errornya hanya 3% saja," Kata Andi Barlianto, Sabtu 26 Agustus 2017.

Lebih jauh Andi Barlianto Asapa menjelaskan bahwa hasil survei tersebut 54,47% yang masih Undecided Voters atau tidak memutuskan sikap, namun tujuan dan kegunaan survei pemetaan politik ini adalah memberi pemahaman kepada masyarakat tentang penyajian peta terkini yang sangat akurat untuk mengukur sejauh mana potensi diri seorang kandidat dan juga para pesainnya.

"Tujuan dan kegunaan survei pemetaan politik adalah menyajikan peta terkini yang sangat akurat untuk mengukur sejauh mana potensi diri seorang kandidat dan juga para pesainnya, dan untuk mengetahui karakteristik basis massa politik, Etnis, Agama, Pendidikan, Ekonomi serta keinginan pemilih itu sendiri,"katanya.

Bahkan, untuk memberi solusi yang tepat yang harus diambil kandidat, antara lain dengan teridentifikasi mesin politik yang paling efektif digunakan untuk meraih suara. Dan menjadi panduan petunjuk dalam merumuskan program strategi pemenangan yang efektif dan efisien.

Selain itu, untuk mengetahui secara detail Demografi wilayah, karakteristik pemilih, prilaku politik pemilih, peta dukungan dan kecenderungan database permasalahan per Desa  popularitas, akseptabilitas serta elektabilitas kandidat sebelum masa pra kampanye hingga menjelang pemilihan, menjadi panduan untuk merancang strategi sosialisasi dan pencitraan secara tepat serta menjadi panduan dalam menyusun anggaran yang tepat dan hemat sesuai prinsip menang pilkada tetapi hemat ongkos politik.

Berikut Hasil Survei  SII Juli - Agustus 2017:

Klaster I :

1. Andi Seto Gadhista Asapa (15,75%).

2. Muhammad Nasyit Umar (8,13%).

3. H.Sabirin Yahya
(7,38%).

Klaster II :

1. Andi Mahyanto Mazda
(3,38%).

2. Andi Fajar Yanwar
(3,38%).

3. H.Andi Harun
(2,25%).

Klaster III :

1. Takyuddin Masse
(1,75%)

2. Mizar Roem
(1,63%).

3. Andi Irwan Patawari
(1,13%).

4. Kartini
(0,50%).

5. H.Jamaluddin
(0,25%).


Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Jumardi Ramling
Meikarta