LPPM Unhas Gelar Penyuluhan Penanganan Gangguan Reproduksi Sapi di Palakka

- Minggu, Agustus 27, 2017
advertise pemkab bone

LPPM Unhas Gelar Penyuluhan Penanganan Gangguan Reproduksi Sapi di Palakka
BONEPOS.COM, BONE - Sebanyak 50 orang peternak sapi di Desa Passippo, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone mengikuti Penyuluhan dan Pelatihan Teknis Ipteks bagi Masyarakat (IBM) penanganan gangguan reproduksi sapi yang diselenggerakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin (LPPM Unhas), Minggu 27 Agustus 2017.

Pada kegiatan ini dipaparkan tiga materi diantaranya penanganan gangguan reproduksi sapi yang dibawakan oleh Dr.Muhammad Yusuf, dan Sahiruddin Sabile. Serta Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong yang dibawakan oleh Zulkarnaim.

Selain pemaparan materi, juga disajikan Teknologi Fermentasi Jerami Padi sebagai pakan ternak yang dilanjutkan dengan demonstrasi langsung. Pelatihan ini dibawakan langsung oleh Prof.Dr.Ir. Jasmal Ahmari Syamsu.
Para peternah berpose usai mengikuti penyuluhan, Minggu 27 Agustus 2017. BONEPOS/ILHAM ISKANDAR

Ketua Tim, Sahiruddin Sabile mengatakan serangkaian kegiatan (IbM) ini merupakan wujud nyata aplikasi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat. Sebagai insan akademis, sudah menjadi kewajiban setiap dosen untuk memberikan perhatian terhadap masyarakat, salah satunya adalah memperkenalkan inovasi di bidang peternakan.

Selain pemaparan materi, dalam kegiatan ini pula diadakan penyerahan bantuan obat-obatan, vitamin dan desinfektan kepada dua kelompok tani ternak. Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan oleh Sahiruddin Sabile, sebagai ketua team yang diterima oleh kepala Desa Passippo, Ismail Andi Dadi Petta Rukka.


Penulis   : Ilham Iskandar
Editor     : Jumardi Ramling
Meikarta