Program Kota Tanpa Kumuh di Sinjai Dimulai

- Rabu, Agustus 30, 2017
advertise pemkab bone
Program Kota Tanpa Kumuh di Sinjai Dimulai
Bupati Sinjai H Sabirin Yahya saat melakukan peletakan batu pertama. (BONEPOS/SUPARMAN)

BONEPOS.COM, SINJAI - Bupati Sinjai H.Sabirin Yahya secara resmi memulai program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang ditandai dengan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jalan Cor Beton dan Drainasi di Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Selasa 29 Agustus 2017.

Bupati Sinjai dalam sambutannya bahwa program KOTAKU adalah salah satu program yang sejalan dengan visi misi pemda sinjai yaitu penanganan pemukiman kumuh menuju pemukiman yang layak huni dan berkelanjutan.

Program lain yang juga telah dilakukan adalah sistim penyediaan air minum atau spam yang telah dirasakan masyarakat dan tahun depan Insya Allah penataan Kawasan Kuliner Terpusat tepian sungai tangka yang tahun ini dalam tahap pembebasan lahan.

"Program-program tersebut dapat terlaksana dengan terjalinnya kerjasama pemerintah, masyarakat dan steaholder lainnya' Sinjai maju pada idi'pa najaji. Saya berharap program ini terlaksana dengan baik sehingga masyarakat khususnya larea-rea dapat merasakan manfaatnya dan memeliharanya dengan baik. Terima kasih Bapak Askot kotaku, team leader OSP wilayah 8 sulsel, masyarakat serta semua pihak sehingga kegiatan ini bisa terlaksana."kata Sabirin.

Askot KOTAKU Sudirman menyampaikan bahwa program Kotaku adalah salah satu program penanganan kawasan kumuh dengan flatform kolaborasi yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

"Pemerintah Daerah adalah Nakhoda program ini dan Pemerintah Pusat adalah pendamping. Kedepan Kabupaten Sinjai akan difasilitasi berbagai program kegiatan yang berkolaborasi dengan program kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.

Sementara itu camat sinjai utara menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemda Sinjai oleh karena Bapak Bupati banyak memberi perhatian kepada Sinjai utara khususnya Kel. lappa lingkungan larea-rea, demikian juga Pemerintah Pusat atas dukungan dan perhatiannya pada daerah kami.

Berbagai program pemerintah daerah  telah diarahkan ke lappa sebagai daerah berkembang, perbaikan dan perluasan jalan, penyediaan sarana air minum, drainasi, dukungan penyediaan bbm nelayan, kuliner serta berbagai proram lainnya yang kesemuanya itu bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Diketahui Kemarin 2 kementerian berkunjungan yaitu pariwisata dan perikanan kelautan. Ini adalah anugerah karena menghadirkan kementerian bukanlah hal gampang perlu koordinasi dan kerja keras.

"Alhamdulillah mereka berkunjung dan akan memberikan bantuan, untuk pariwisata akan memfasilitasi pengembangan kepariwisataan sementara DPK akan menfasilitasi pengembangan TPI, membuka gerai perizinan yang memudahkan nelayan mengurus izinnya atau tidak perlu lagi ke makassaar dan jakarta. Sekali lagi terima kasih Bapak Bupati, ini adalah kerja nyata dan kerja bersama, Pada idi'pa najaji,"katanya.
Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Jumardi Ramling
Meikarta