Protes Pungutan Biaya Mahasiswa Baru, Aliansi Mahasiswa STAIN Watampone Lakukan Demonstrasi

- Selasa, Agustus 29, 2017
advertise pemkab bone
stain watampone, bonepos
Puluhan mahasiswa STAIN Watampone, menggelar aksi protes terhadap pungutan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa baru, Senin 28 Agustus 2017.
BONEPOS.COM, BONE - Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone diwarnai dengan aksi demonstrasi oleh sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa, Senin 28 Agustus 2017.

Dalam aksi demonstrasi ini, mahasiswa mempertanyakan transparansi anggaran pungutan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa baru sebesar Rp.200.000 yang dianggap tidak wajar.

"PBAK merupakan kegiatan pengenalan terhadap kondisi kampus yang bertujuan membentuk dan mengembangkan agar menjadi manusia berakhlaqul karimah, berkepribadian unggul, kreatif, inovatif, dan mandiri. Namun hal ini sangat tercederai dengan adanya pengutan biaya yang harus ditanggung oleh mahasiswa baru," ungkap Pahrian, koordinator aksi.

Pahrian juga menuturkan bahwa dirinya sangat menyayangkan adanya pungutan tersebut, sebab menurutnha itu merupakan hal yang tidak wajib dibebankan kepada mahasiswa baru.

"Dalam aksi damai ini, aliansi mahasiswa menuntut pihak pelaksana agar mengambalikan pembayaran yang telah ditanggung oleh mahasiswa baru, karena PBAK memiliki dana tersendiri dalam pelaksanaan tersebut. Kami akan mengusut tuntas masalah ini sampai terdapat kejelasaan di dalamnya dan apabila terdapat pelanggaran hukum maka masalah ini akan di bawa ke ranah hukum." Tutup Pahrian.

Penulis   : Iwan Taruna
Editor     : Rizal Saleem
Meikarta