Terserang Hipotermia, Pendaki Wanita asal Takalar Pingsan di Gunung Bawakaraeng

| 17 Agustus 2017 | 01.56 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Anna Saat dievakuasi ke Pos V Gunung Bawakaraeng
Seorang pendaki wanita asal Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, pingsan saat melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng (BONEPOS/IST).

BONEPOS.COM, SINJAI - Seorang pendaki wanita asal Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, pingsan saat melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dia dievakuasi Tim SAR Gabungan, Rabu 16 Agustus 2017.

Pendaki itu bernama Anna 16 tahun, warga Jalan Mannangkoki, Kabupaten Takalar. Dia diduga kelelahan dan mengalami Hipotermia hingga akhirnya pingsan.

Koordinator Pos Basarnas Kabupaten Bone, Andi Sultan menuturkan, Anna di evakuasi saat tengah menempuh perjalanan menanjak menuju puncak gunung Bawakaraeng

Saat mendaki, kata Andi Sultan, korban Anna kelelahan serta kedinginan sehingga memutuskan tidak melanjutkan pendakian, sehingga diputuskan untuk dilakukan evakuasi dari pos V (lima) ke rumah warga.

"Saat itu para pendaki lainnya melakukan inisiatif dengan melakukan evakuasi, karena korban mengalami Hipotermia," Kata Andi Sultan saat di hubungi Bonepos.com, Rabu malam.

Korban berhasil dievakuasi ke Desa Puncak Perak Dusun Tassoso Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai, sekitar pukul 19.15 malam dalam kondisi selamat.

Untuk diketahui, Hipotermia adalah suatu kondisi dimana mekanisme tubuh kesulitan mengatasi tekanan suhu yang dingin. Temperatur tubuh menurun drastis di bawah suhu normal yang dibutuhkan oleh metabolisme dan fungsi tubuh, yaitu di bawah 35 derjat celcius.

Penulis   : Iwan Taruna
Editor     : Jumardi Ramling
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI