Berjaya di GP Aragon, Marquez Kokoh di Puncak Klasemen

| 24 September 2017 | 21.25 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Moto Gp, Aragon, Rossi, Valentino Rossi, The Doctor, BOnepos
BONEPOS.COM - Lanjutan seri Moto GP digelar di sirkuit Aragon, Minggu 24 September 2017. Sekitar 70.000 penonton datang menyaksikan langsung balapan ini. Baris depan diisi oleh tiga pebalap legenda, yakni Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi. The Doctor yang awalnya akan digantikan dengan pembalap lain, memutuskan untuk menunggangi motornya sendiri.

Saat balapan baru saja dimulai, ketiga pembalap ini langsung tancap gas mencoba menciptakan jarak dengan pembalap yang ada di belakang mereka dan terobesesi untuk berada di posisi depan.

Rossi yang masih dalam kondisi cedera, ternyata mampu tampil memukau. Melalui aksi impresifnya, dia dengan mudah naik ke posisi dua setelah berhasil menyalip Maverick Vinales. Tak berhenti di sana, Vinales kemudian juga disalip oleh Andrea Dovizioso dan Marc Marquez setelah melakukan kesalahan dan harus turun ke posisi bawah.

Dari barisan depan, dalam perebutan posisi pertama, Jorge Lorenzo terus dibayang-bayangi oleh Rossi. Meski terpaut 0,8 detik dari Lorenzo, Valley terus berusaha. Pada lap kedua, Rossi bahkan sukses menyelesaikan lap dengan catatan waktu terbaik. Hal tersebut memperkecil jarak dirinya dari pemimpin balapan menjadi 0,4 detik.

Tak hanya di bagian depan, keseruan juga tampak dalam perebutan posisi tiga antar dua pemuncak klasemen MotoGP 2017, Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Marquez yang terus tertahan pada posisi keempat, terus merangkak naik mengejar Dovizioso di posisi tiga. Mereka hanya terpaut 0,4 detik.

Performa apik dari keempat pembalap di bagian depan perlahan semakin menjauhkan diri dari pembalap yang lain di belakangnya. Posisi kedua Rossi sebenarnya hampir direbut Dovi saat The Doctor melakukan kesalahan di tikungan 12 pada lap kelima, beruntung dia mampu mempertahankan laju motornya.Sehingga posisi kedua tetap aman untuknya.

Tak berhenti di sana, setelah mendapatkan posisi ketiga, Marc Marquez semakin agresif untuk merebut posisi Rossi. Pada lap kedelapan, The Baby Alien hampir merebut posisi itu, tapi karena tidak tenang, dia gagal melewati Rossi. Marquez bahkan kembali disalip oleh Dovi saat dirinya melakukan kesalahan dan melebar pada tikungan ke-12. Hanya saja, itu tak berlangsung lama. Marquez kembali merangsek ke posisi 13 saat lap 10.

Tampak Dovi tidak bisa mengimbangi skill Marquez di tikungan, sehingga dengan sangat muda bagi Marquez melewatinya di tikungan. Hal tak terduga lainnya terjadi pada lap 11, di mana Rossi berhasil dikejar oleh Marquez dan harus rela bertengger di posisi ketiga.

Marquez justru terus melesat ke depan, dan hanya terpaut 0,7 detik dari Jorge Lorenzo di posisi terdepan. Jorge Lorenzo tak membiarkan posisinya diambil alih oleh Marquez. Marquez pun tampak tak menyerah melakukan pengejaran. Sementara itu,  Rossi semakin jauh dari barisan depan. Kini dia berjarak 1,5 dari Marquez. Dani Pedrosa bahkan kini mulai menekan Valentino Rossi di  posisi ketiga setelah sukses melewati Andrea Dovizioso.

Lama menunggu, Marc Marquez akhirnya berhasil unggul atas Jorge Lorenzo saat balapan tersisa tujuh lap. Lorenzo masih sempat menyalip lagi, namun Marquez akhirnya mampu mengamankan posisi pertama di tikungan 16.

Rossi justru semakin terpuruk ke posisi bawah. Sekarang dia berada di posisi keempat setelah disalip Dani Pedrosa. Bahkan tertinggal hingga selisih 4 detik. Jarak ini tentu semakin memperkecil peluang Rossi untuk naik podium.

Lorenzo juga turut kehilangan posisi kedua setelah disalip Dani Pedrosa. Kendati demikian, Marquez sudah terlalu jauh di depan, sehingga sangat berat bagi Pedrosa untuk melakukan pengejaran.

Dovizioso yang awalnya berada di posisi lima, kini malah disalip Aleix Espargaro dari posisi keenam.

Terpaut terlalu jauh dengan pembalap di belakangnya, Marquez akhirnya bisa memenangkan balapan dengan unggul 1,1 detik atas Dani Pedrosa. Menyusul Lorenzo pada posisi ketiga.

Kemenangan ini memberikan tambahan 25 poin untuk Marquez dengan total 224 poin di puncak klasemen, unggul 16 poin atas Dovizioso yang hanya mampu finis posisi ketujuh di balapan ini.

Editor     : Rizal Saleem
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI