Idul Adha, Bupati Sinjai Ajak Masyarakat Bagun Persaudaraan

| 1 September 2017 | 20.15 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
BONEPOS.COM, BONE - Bupati Sinjai bersama Ummat Islam yang ada di ibukota Kabupaten Sinjai melaksanakan hari raya Idul Adha (Idul Qurban), yang bertempat di lapangan Sinjai Bersatu, Jumat 01 September 2017.

Sekertaris Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sinjai Syamsul Alam dalam laporannya menyampaikan  bahwa pemerintah menetapkan pelaksanaan hari raya idul adha jatuh pada hari jumat.

Syamsul juga mengumumkan pemenang hasil lomba Takbir Keliling, yang diantaranya keluar menjadi Juara 1 kantor Kemenag, juara 2 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,  juara 3 Dinas Ketahanan Pangan,  juara 4 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, juara 5 Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan, juara 6 Dinas P2P3KP.

Berdasarkan laporan PHBI Kabupaten Sinjai, jumlah yang diqurbankan di Kabupaten Sinjai sebanyak 593 ekor sapi, dan 88 ekor kambing.

Adapun yang bertindak selaku Imam Idul Adha H. Muh Nasrun, dan bertindak selaku khatib Almukarram Kiyai H. Aliuddin Ketua Majelis ulama Sulawesi Selatan.

Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya dalam sambutannya mengatakan melaksanakan qurban merupakan ibadah yang mengajarkan kita untuk selalu menjaga fitrah agar tetap suci, menguji tingkat ketakwaan, memotivasi diri untuk bekerja keras, berjiwa sosial untuk berbagi kepada sesama, serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bupati juga mengajak kepada seluruh masyarakat kabupaten Sinjai, agar menjadikan momentum idul qurban ini, untuk terus membangun semangat persaudaraan, kebersamaan dan tenggang rasa, seta terus menerus bahu membahu membangun bersama daerah yang kita cintai ini, menuju terwujudnya Kabupaten Sinjai yang semakin baik, semakin berkualitas dan semakin sejahtera, dalam lindungan ridho Allah SWT.

Selanjutnya Bupati Sinjai juga mengajak masyarakat Kabupaten Sinjai untuk mendoakan 235 jamaah haji yang ada di tanah suci mekkah.

Selain itu Sabirin Yahya juga menyampaikan keberhasilan pembangunan kabupaten Sinjai dalam kurun empat tahun dengan meraih 51 penghargaan,  yang terdiri dari 29 penghargaan tingkat nasional,  dan 22 penghargaan tingkat Provinsi.

Ibrahim, sara, hajar dan ismail adalah tokoh yang berperan terlaksananya Hari Raya Idul Adha (idul qurban).

Sementara itu Khatib Almukarram Kiyai H. Aliyuddin dalam khutbahnya mengatakan bahwa tokoh dibalik hari raya idul qurban adalah Ibrahim, Ismail, Sarah dan Hajar.

Inti dari pelaksanaan idul qurban adalah Tauhim kesatuan rasional dan persamaan. Ini harus dijadikan momentum yang tepat dalam membangun kesadaran tauhim, kesadaran Sosial, dan membangun solidaritas sosial.

Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Jumardi Ramling
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI