Pegawai Setdakab Sinjai Ikuti Sosialisasi Kanker

| 25 September 2017 | 19.51 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Bonepos
BONEPOS.COM, SINJAI - Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia Cabang Makassar menggelar Sosialisasi Kanker dan Tumor yang diikuti oleh para kabag, kasubag, serta staf Sekretariat Daerah Kabupaten Sinjai yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin 25 September 2017.

Selaku pemateri, Hilda Hamnu, S.Kep, Ns menjelaskan bahwa kanker diawali dengan tumor, dimana tumor terbagi atas dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas, tumor jinak jika dibiarkan akan menjadi tumor ganas dan tumor ganas inilah yang menjadi kanker.

"Faktor penyebab yaitu faktor genetik atau keturunan, faktor kimia atau fisika. Misalnya asap rokok, asap kendaraan bermotor, asap pabrik, gelombang elektromagnetik berupa radiasi dari alat elektronik yang sering digunakan, kemudian faktor makana dan minuman misalnya penggunaan saat pengawet, pewarna buatan, serta cara pengolahan dan penyajian makanan yang salah," jelasnya.

Jenis kanker yang dijelaskan adalah kanker prostat yang merupakan pembunuh nomor tiga bagi pria serta kanker serviks yang merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita.

Ia menjelaskan bahwa yayasan tersebut memberikan dana bantuan bagi penderita kanker yang tidak mampu.

"Jika terdapat saudara, teman atau tetangga yang menderita kanker dan kurang mampu maka dapat menghubungi yayasan ini." Tutupnya.

Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Rizal Saleem
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI