Wakil Bupati Apresiasi Launching FKBS dan Rumah Baca Philosophia Bone

- Senin, September 04, 2017
advertise pemkab bone
FKBS, RB Philosophia, Rumah Baca, bonepos
Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle saat memberikan sambutan dalam launching FKBS dan RB Philosophia Bone, Minggu 3 September 2017.
BONEPOS.COM, BONE - Tepat di hari kedua lebaran, ada aktifitas berbeda yang ditunjukkan oleh teman-teman Forum Kampung Bahasa Sulawesi (FKBS) Cabang Bone dan Rumah Baca Philosophia Cabang Bone. Saat semua masih sibuk dengan kumpul keluarga, mereka memilih untuk berkumpul dan bersilaturahim dengan cara menagadakan Diskusi Publik dengan tema ‘Pendidikan tanpa Kasta’ yang dirangkaikan dengan launching FKBS Cabang Bone dan Rumah Baca Philosophia Cabang Bone, Minggu 3 September 2017, pukul 20.00 WITA di Cafe Passion Id.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle, M M, Ir Andi Promal Pawi, M Si (Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Bone), AKBP Muh Kadarislam S H, S Ik, M Si (Kepala Polisi Resort Kab. Bone), Syamsul Bahri, S Pd i (Kepala SMA Islam Athirah Bone), Andi Zulkarnain, S E, M Si (Koordinator Dewan Presidium FKBS & Dewan Pendiri Rumah Baca Philosophia).

Selain kelima narasumber, diskusi juga dihadiri oleh berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Bone. Fadli, perwakilan Aliansi LSM Bone mengapresiasi perjuangan teman-teman FKBS untuk menciptakan pendidikan yang murah, merakyat, berkualitas, berkarakter dan religius.

“Dengan adanya diskusi, FKBS dan Rumah Baca Philosophia ini, kami merasa memiliki teman berjuang.   Ke depannya kami berharap bahwa gerakan ini akan menjadi gerakan progresif untuk kalangan muda," ungkapnya.

Sementara itu, Andi Zulkarnain mewakili FKBS yang juga merupakan Koordinator Dewan Presidium menjelaskan bahwa inti dari gerakan FKBS adalah semangat Lao Sappa Deceng, Lisu Mappadeceng (Pergi Mencari Kebaikan dan Pulang untuk Memperbaiki - Red).

“Mayoritas kami adalah alumni dari Kampung Bahasa Pare, Kediri, Jawa Timur. Teman-teman yang pergi ke Pare mengorbankan banyak hal, biaya, waktu, tenaga, psikologi, dll. Maka dari itu, FKBS dibuat agar derita pelajar seperti itu bisa dikurangi, khususnya di Sulawesi.” Jelas Andi Zulkarnain.

Menurutnya, FKBS hadir sebagai respon atas kekecewaan atas kapitalisasi pendidikan, "elitisasi" pengetahuan dan "mahalisasi" ilmu yang semakin akut.

“Salah satu cara mengkritik kapitalisasi di bidang pendidikan adalah dengan membuat lembaga dan gerakan tandingan, salah satunya Rumah Baca Pgilosophia dan FKBS. Karena mengutuk kegelapan saja tak cukup, namun harus juga menyalakan lilin.” Ucap Andi Zulkarnain.

Dalam kegiatan tersebut, Drs H Andi Ambo Dalle, M M selaku Wakil Bupati Bone mengaku sangat mendukung gerakan FKBS yang menyediakan pendidikan yang murah dan berkualitas bagi semua kalangan.

"Sebagai apresiasi, kami menawarkan kerjasama dengan FKBS untuk penguatan Bahasa Inggris di Kabupaten Bone." Ungkap Ambo Dalle.

Acara Diskusi Publik ini pun sekaligus melaunching buku berjudul “Pendidikan Tanpa Kasta; Refleksi Perjuang FKBS” yang merupakan cetakan kedua sekaligus edisi revisi dari cetakan pertama pada tahun 2015.

Untuk diketahui, Rumah Baca Philosophia sudah 9 tahun berdiri di Makassar dengan 5000 judul buku yang bisa di baca dan pinjam gratis.  FKBS sudah 5 tahun berkarya di Makassar,  Bulukumba dan Sinjai dengan 6000an alumni yang belajar Bahasa Inggris dengan murah dan ada 7 pihak yang gratis, termasuk kaum miskin,  difabel,  aktivis civil society, dll.

Editor     : Rizal Saleem
Meikarta