BBPP Batangkaluku Gelar Pelatihan Teknis Tematik Budidaya Mangga di Bone

| 31 Oktober 2017 | 23.44 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
BBPP Batangkaluku Gelar Pelatihan Teknis Tematik Budidaya Mangga di Bone
BONEPOS.COM, BONE - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Makassar, menggelar pelatihan teknis tematik budi daya mangga bagi non aparatur di Desa Kampuno, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Sela sa, 31 Oktober 2017.

Pelatihan pertanian yang berlangsung selama 4 hari, mulai dari 31 Oktober hingga 03 November 2017 mendatang ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone Ir H Sunardi Nurdin.

Kepala Bidang Penyelenggaraan BBPP Batangkaluku, Rosdiana mengatakan tujuan pelatihan ini yakni untuk meningkatkan kemanpuan kepada penyuluh dengan menggunakan sistem on the job training dengan proporsi praktek lebih banyak dari pada teori.

"Selain itu dalam pelatihan ini, para penyuluh akan diberikan pemahaman tentang bibit bermutu, cara membudiyakan tanaman dengan baik, penanggulangan penyakit serta budidaya secara GAP," ungkap Rosdiana.

Rosdiana menyebutkan, bahwa sebanyak sebelas ribu bantuan bibit Mangga untuk kabupaten Bone akan ditanam di atas lahan seluas 75 Hektar, dengan harapan, Bone akan menjadi pusa pengembangan kawasan holtikultura.

"Bantuan dari Kementrian Pertanian ini adalah Jenis Mangga Kripta dari daerah Pasuruan Jawa Timur dengan keistimewaannya lebih manis rasannya dan keindahan warna buahnya serta jenis magga yang kualitas ekspor," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone Ir H Sunardi Nurdin, pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa penyuluh pertanian di Bone harus mengubah paradigma dan menjadi motivator dalam pertanian.

"Di Bone sangat cocok untuk semua pengembangan tanaman. Program 2018, mari jadikan Bone sebagai pusat tanaman rempah Cengkeh, Pala, Cabe dan lain lain," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Sunardi menyampaikan rasa terima kasih-nya kepada Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman yang telah memberikan perhatian penuh kepada Sulawesi Selatan khususnya kepada Kabupaten Bone.

Hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut, yakni, Camat Barebbo, Andi Asman Sulaiman, Kepala Bidang Penyelenggaraan BBPP Batangkaluku, Rosdiana, serta para pendamping kelompok.

Penulis   : Ilham Iskandar
Editor     : Risal Saleem
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI