IAD Derah Soppeng Canangkan Soppeng Bebas Kanker Serviks

- Senin, Oktober 09, 2017
advertise pemkab bone
IAD Derah Soppeng Canangkan Soppeng Bebas Kanker Serviks
BONEPOS.COM, SOPPENG - Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dilakukan secara serentak di seluruh Puskesmas Se-Kabupaten Soppeng, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pencanangan Pemeriksaan IVA Menuju Soppeng Bebas Kanker Serviks oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Soppeng yang  bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemkab. Soppeng, yang pelaksanaannya dipusatkan di Puskesmas Salotungo Jl. Samudra Watansoppeng, Senin 9 oktober 2017.

"Pemeriksaan IVA adalah pemeriksaan leher rahim atau serviks dengan cara melihat langsung dengan mata telanjang leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 persen-5 persen,dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin" jelas Ristanti Atang Ketua IAD Daerah Soppeng saat dikonfirmasi.

Kanker serviks merupakan kanker yang banyak menyerang wanita dan saat ini kanker serviks menduduki urutan kedua dari penyakit kanker yang menyerang wanita di dunia dan juga merupakan salah satu penyebab utama kematian perempuan yang terkait dengan kanker.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kematian dari penyakit kanker serviks dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan" jelas Ristanti.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan instruksi dari IAD Pusat sebagai bentuk partisipasi IAD Daerah Soppeng untuk berperan aktif dalam penanggulangan kanker serviks khususnya di wilayah Kabupaten Soppeng, yang pelaksanaannya dilakukan serentak di 17 Puskesmas.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Soppeng," harap Ristanti.

Kepala Kejaksaan Negeri Soppeng Atang Pujiyanto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Soppeng dan jajarannya terkhusus pada Dinas Kesehatan yang ikut berperan aktif mendukung kegiatan IAD Daerah Soppeng dalam pencegahan kanker serviks.

Berdasarkan data yang dihimpun dari IAD Daerah Soppeng dan Dinas Kesehatan Soppeng telah dilakukan pemeriksaan IVA terhadap 80 pasien pada kegiatan tersebut.

Penulis   : Nur Alam Abra
Editor     : Jumardi Ramling
Meikarta