Registrasi Kartu SIM Prabayar Berakhir Besok, Belum Tahu Caranya? Lihat Disini

| 30 Oktober 2017 | 23.05 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
Registrasi Kartu SIM Prabayar

Tekno.Bonepos.com, - Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperketat proses aktivasi kartu SIM prabayar milik operator telekomunikasi.

Pelanggan baru maupun lama wajib mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan nomor kartu keluarga (KK) miliknya dengan batas akhirnya Selasa, 31 Oktober 2017.

NIK dan nomor KK tersebut selanjutnya akan diverifikasi kebenarannya berdasarkan database kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri.

Dalam rentang waktu 30 hari setelah batas akhir pelanggan belum melakukan registrasi, maka outgoing call dan SMS  akan diblokir (tidak bisa melakukan panggilan).

Lalu ditambah waktu 15 hari , jika pelanggan tidak registasi, tidak akan bisa melakukan panggilan, menerima panggilan, SMS, dan internet dimatikan.

Terakhir, pemerintah memberikan waktu 15 hari agar pelanggan melakukan registrasi, namun jika sampai batas tersebut tidak melakukan registrasi barulah nomor SIM pelanggan yang bersangkutan akan diblokir.

Bagi anda yang belum mengetahui informasi ini, jangan takut, registrasi tersebut bisa dilakukan dengan cara yang mudah, tetapi sedikit berbeda di tiap operator.

Dilansir Bonepos.com dari KompasTekno, Senin 30 Oktober 2017, registrasi prabayar untuk pelanggan baru Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444.

Selain metode SMS, calon pengguna juga bisa mendaftarkan diri melalui gerai, situs, atau aplikasi milik masing-masing operator.

Selain itu, pelanggan lama juga diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan waktu selambat lambat pada 28 Februari 2018 mendatang.


Berikut format SMS nya :

Untuk Pelanggan Kartu Baru:

- Smartfren, Tri, dan Indosat, 
Format SMS: (16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

- XL 
Format SMS: DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

- Telkomsel 
Format SMS: REG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK).

Untuk Pelanggan Kartu Lama

- Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, atau Smartfren 

Format SMS: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK) kirim ke 4444


Editor : Rizal Saleem
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI