Gelar Sosialisasi ProKlim, DLH Beberkan Prestasi Bone di Bidang Lingkungan Hidup

| 23 November 2017 | 19.17 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
BONEPOS.COM, BONE - Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bone menggelar Sosialisasi Proklim Menuju Kota Hijau di hotel Helios, jalan Langsat, Kamis 23 November 2017.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Asmar Arabe dengan dihadiri staf jajaran dinas Lingkungan hidup yang juga melibatkan tujuh belas kepala desa dan kepala dusun yang sudah masuk program iklim (proklim) tingkat dusun.

Kadis Lingkungan Hidup kabupaten Bone menuturkan jika proklim adalah program lingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim serta  memberikan pengakuan tethadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah di lakukan dan dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

"Ini untuk mengajak semua komponen  masyarakat  melaksanakan aksi lokal nyata di tingkat dusun atau desa dalam rangka memelihara lingkungan, salah satunya adala program perkampungan iklim yg digagas oleh Kementerian Linkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurut Asmar Arabe,
salah satu wujud apresiasi kementrian kehutanan terhadap pemerintah daerah kab bone yang telah melaksanakan program perkampungan iklim di daerah dengan pemberian piagam apresiasi pembinaan proklim 2017 kepada bupati Bone atas prestasinya dalam membina perkampungan iklim dengan alasan bahwa kabupaten Bone mendapat tropi terbanyak se-Indonesia dan sukses dalam program proklim dan penghargaan ini hanya diberikan kepada  tiga kabupaten kota di Indonesia.

"Di antaranya ada tiga tropi di tahun 2016 untuk desa Cabbeng kecamatan Dua Boccoe, desa Kajuara kecamatan Awangpone, serta dusun Pinra lingkungan Lasitae kelurahan Macanang, dan 1 tropi untuk tahun 2017 untuk dusun Wanuae desa Poleonro kecamatan Lamuru." Ungkap Asmar.

Penulis   : Ilham Iskandar
Editor     : Risal Saleem
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI