OPINI : Kids 'Jaman Now' Pengaruh Globalisasi

| 1 Desember 2017 | 13.10 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
OPINI : Kids 'Jaman Now' Pengaruh Globalisasi
Oleh: Novita Sari Mahasiswa Komunikasi UMI Makasar
BONEPOS.COM - Era globalisasi era dimana manusia diberikan kemudahan untuk melihat luasnya dunia. Perkembangan tersebut tidak hanya dirasakan oleh negara maju bahkan negara berkembang pun merasakan era serba canggih tersebut terutama indonesia saat ini.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi banyak diikuti oleh masyarakat.

Hal ini disebabkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi barang yang tidak sulit untuk diperoleh.

Di indonesia, perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone, laptop, televisi dan sebagainya sangat sudah tidak asing lagi.

Perkembangan tersebut sulit untuk dipisahkan dengan kehidupan masyarakat yang sehari-hari menggunakan perangkat tersebut terutama smartphone.

Dimana memang sangat sulit terpisahkan dari perangkat canggih yang memudahkan seseorang dengan yang lain, suku bangsa yang satu dari yang lain, bangsa satu dari yang lain, budaya dan agama satu dari yang lain untuk saling terhubung dan berkomunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu.

Munculnya perangkat informasi dan komunikasi memberikan pengaruh besar bagi masyarakat.

Salah satunya seseorang tidak perlu menjadi seorang selebriti untuk menunjang suatu ke populeran. Hanya dengan smartphone, seseorang dapat populer melalui instagram yang di dalamnya mampu untuk menarik pengguna instagram lainnya melalui video dan foto.

Selain itu, youtube juga mampu menarik perhatian viewers melalui video. Masih banyak lagi media yang menjadikan seseorang populer di kalangan pengguna media sosial.

Anak jaman sekarang atau akhir-akhir ini disebut “Kids Jaman Now” yang sedang viral ini awalnya diunggah oleh akun palsu dengan nama Seto Muliyadi. Kita ketahui Seto Muliyadi adalah Pemerhati dan Psikolog anak serta Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia.

Kids Jaman Now tidak seperti lagi anak-anak Milenial atau yang biasa disebut dengan anak-anak 1990-an  yang banyak menghabiskan masa kecil mereka dengan bermain bersama teman sebaya, bermain mainan tradisional dan jauh dari pengaruh media massa terutama smartphone.

Anak jaman sekarang tidak asing lagi dengan smartphone serba canggih. Bahkan anak jaman sekarang lebih mengetahui internet dibandingkan orang tua mereka.

Padahal istilah “kids Jaman Now” ini sebenarnya merupakan guyonan untuk menyikapi kelakuan aneh dan tidak wajar dari anak jaman sekarang tapi oleh mereka hal tersebut dianggap lazim.

Contohnya banyaknya anak jaman sekarang membagikan foto tren pacaran meraka di salah satu media sosial yaitu facebook melalui smartphone mereka kemudian diikuti dengan caption “Kids Jaman Now”.

Editor     : Jumardi Ramling
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI