oleh

PWI Kecam Pelarangan Liputan di Acara Sertijab Kajari Sinjai

-Sinjai-599 views
Sertijab, Kajari Sinjai, Wartawan, Dilarang Meliput
Kantor Kejaksaan Negeri Sinjai. (DOK/BONEPOS).


BONEPOS.COM, SINJAI – Sejumlah wartawan tidak diperkenankan meliput acara Serah Terima Jabatan (sertijab) Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sinjai dari Muh Sumartono selaku pejabat lama Kajari Sinjai, kepada Noer Adi.

Acara sertijab digelar di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, Senin, 16 Oktober 2017 kemarin, namun sejumlah wartawan yang hendak meliput ditahan beberapa aparat Satpol-PP yang berjaga di pintu depan aula tersebut.

BNNK BONE

Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Sinjai, Jumardi Laronk, menyatakan bahwa pihaknya sangat mengecam hal tersebut, dimana seharusnya acara sertijab terbuka bagi wartawan, karena bagian dari menjalankan tugas untuk mempublikasikan pejabat baru.

“Ini harus segera diklarifikasi. Ini tindakan diskriminatif yang sangat meremehkan dan melecehkan profesi wartawan,” kata Jumardi, Selasa, 17 Oktober 2017.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengutuk sikap arogan anggota Satpol yang telah melarang wartawan melakukan peliputan.

“Ada apa ini?. Ini kan cuma sertijab, rahasia apa yang dibahas dalam sertijab itu. Sertijab dan gelar perkara itu beda,” ujarnya kesal.

Karenanya dirinya meminta institusi Kejari Sinjai dan Kejati Sulsel untuk mengklarifikasi secara resmi alasan pelarangan tersebut. Sebab menghalangi kerja jurnalistik juga bertentangan dengan UU pers.

Terpisah, Kasat Pol PP Sinjai, Agung Prayogo yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa pihaknya tidak ada maksud untuk menghalangi awak media untuk meliput dalam acara sertijab tersebut.

“Kami sangat memahami tugas rekan-rekan wartawan. Namun, perlu diketahui dan dipahami oleh rekan-rekan wartawan bahwa anggota kami hanya menjalankan tugas,” jelasnya.

Saat disinggung siapa memberinya perintah untuk melarang wartawan untuk meliput, Agung menyebutkan, mereka diperintahkan oleh salah satu oknum aparat Kejari yang berinisial M.

Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Rizal Saleem

Komentar

News Feed