oleh

Bupati Sinjai Serahkan Bantuan Kepada Nelayan

-Sinjai-614 views
Bupati Sinjai Serahkan Bantuan Kepada Nelayan

BONEPOS.COM, SINJAI – Bupati Sinjai, H.Sabirin Yahya, menyerahkan bantuan kepada nelayan, pembudidaya, pokmaswas dan penerima santunan klaim asuransi nelayan Kabupaten Sinjai yang bertempat di Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Jumat 29 Desember 2017.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Ir.Sultan H.Tare dalam laporannya menyampaikan bahwa penyerahan bantuan kepada nelayan, pembudidaya dan pokmaswas bersumber dari dana APBD, APBD provinsi dan APBN tahun 2017.

BNNK BONE

“Bantuan yang diserahkan adalah 2 unit kapal ukuran 20 GT kepada KUB Mega Jaya Kel.Lappa dan KUB Taro Ada di Desa Panaikang, 2 unit kapal ukuran 10 GT kepada KUB Tenri Gangka Desa Panaikang dan KUB Harapan Desa Sanjai serta 1 unit kapal ukuran 5 GT kepada Koperasi Nelayan Muara Apareng di desa Sanjai”,jelasnya.

Selain itu, bantuan mesin pembuat pakan kepada 3 kelompok yaitu Pokdakan Lanta Desa Polewali Kec.Sinjai Selatan, Pokdakan Ikhtiar Kel.Mannanti Kec.Tellulimpoe dan Pokdakan Mina Makmur Kel.Tassililu Kec.Sinjai Barat.

Bantuan berupa API yang ramah lingkungan kepada KUB Bina Bahari Desa Pulau Harapan, mesin pompa air untuk budidaya air payau kepada kelompok Mappideceng di desa Panaikang dan Kelompok Marana Desa Pasimarannu, bantuan kapal pengawas kepada Pokmaswas Sipakainge di Desa Bua.

Bantuan lainnya melalui Dana APBD Kab.Sinjai yaitu 11 unit sampan fiber yang tersebar pada 8 desa di Kecamatan wilayah pesisir Kabupaten Sinjai dengan nilai bantuan seluruhnya senilai 3 milyar 200 juta rupiah lebih.

Sementara itu, Bupati Sinjai Sabirin Yahya usai penyerahan bantuan menyampaikan, jumlah nelayan tangkap Kabupaten Sinjai sebanyak 8.544 orang, jumlah kapal 2.014 unit dengan jenis alat tangkap yang digunakan adalah purse seine, bagan, jaring insang, pancing tonda, pancing ulur serta pole and line.

“Kepada penerima kapal, saya harapkan agar kapal tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menangkap ikan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan kapal tersebut jangan digunakan untuk ilegal fishing”, harapnya.

Ia mengharapkan pula kepada Kelompok Pembudidaya  yang menerima 3 paket mesin pembuat pakan untuk budidaya air tawar sehingga bantuan Pemerintah tersebut dapat membantu dalam penyiapan pakan untuk kegiatan usaha Budidaya Air Tawar karena bahan baku untuk pakan cukup tersedia di Kabupaten Sinjai.

Bupati menyerahkan pula santunan klaim Asuransi Jasa Indonesia kepada ahli waris Ambo Rappe di Pulau Kambuno Desa Pulau Harapan dari PT.Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) sebesar 160 juta rupiah serta ahli waris Alkab di Pulau Batang Lampe Desa Pulau Padaelo sebesar 20 juta rupiah.

Di Sinjai, jumlah nelayan yang telah terdaftar Asuransi Jasindo di tahun 2017 sebanyak 1.019 orang dan yang sudah melakukan klaim sebanyak 15 orang dengan nilai 2 milyar 80 juta rupiah.

Dampak dari program Asuransi ini, banyaknya nelayan yang mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Asuransi Nelayan. Asuransi Mandiri akan disosialisasikan pada tahun 2018 dan Kartu Nelayan akan diganti dengan kartu KUSUKA dimana dengan kartu ini dapat digunakan oleh nelayan dan para pembudidaya.

Penulis   : Suparman Warium
Editor     : Risal Saleem

Komentar

News Feed