oleh

Rumah Produktif IYL-Cakka Bisa Ciptakan Lapangan Kerja yang Baru

-Politik-1.503 views
Rumah Produktif  IYL-Cakka Bisa Ciptakan Lapangan Kerja yang Baru

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) semakin mantap menata Pilgub Sulsel Juni 2018 mendatang. Selain hampir dipastikan sebagai kontestan, karena masih punya “stok” dukungan KTP jika di verifikasi pertama tidak mencukupi dari syarat minimal, duet ini juga sudah mematangkan visi-misinya.

Selain program pendidikan berkualitas, merata dan tanpa pungutan, duet yang dikenal komitmen, tegas dan merakyat ini, juga punya program unggulan yang “jitu”, yakni “rumah produktif” berbasis desa/kelurahan.

BNNK BONE

Rumah Produktif yang digagas IYL-Cakka ini diyakini bisa menjadi salah satu solusi menciptakan lapangan kerja yang baru, sekaligus mengurangi angka penganggaran di Sulsel.

Mengingat, program ini akan disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah berbasis desa/kelurahan. Sehingga capaian dan target bisa tepat sasaran, sekaligus bisa membuka lapangan kerja yang baru.

“Rumah produktif iniberbasis desa/kelurahan untuk membuka dan menciptakan lapangan kerja yang disesuaikan potensi masing-masing wilayah,” kata Ichsan yang juga mantan Bupati Gowa dua periode, Sabtu (30/12/2017).

Rumah produktif tersebut akan bekerjasama Bumdes dalam pengelolaannya. Sehingga jika ini bisa dimaksimalkan, setidaknya bisa membuka lapangan pekerjaan baru sekitar 300 ribu sampai 400 ribu tenaga kerja.

Tentang teknis dan sinergitas dengan pemerintah kabupaten/kota, IYL-Cakka akan menjelaskan secara rinci di dalam visi-misi, sekaligus pertanggungjawaban untuk merealisasikan program ini jika kelak diberikan amanah memimpin Sulsel.

Juru Bicara IYL-Cakka, Henny Handayani menambahkan, rumah produktif diyakini bisa menjadi salah satu solusi mengurangi pengangguran. Mengingat, dalam pengelolaan program tersebut, terlebih dahulu dibekali keterampilan khusus.

“Program rumah produktif merupakan suatu program yang dirancang IYL Cakka untuk mengurangi pengangguran di Sulsel,” jelas Henny, secara terpisah.

Henny menuturkan, secara garis besarnya rumah produktif adalah  medium untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menggerakkan potensi sumber daya lokal. Selain itu, Henny menyebut bahwa rumah produktif bertujuan untuk mengelola keunggulan komparatif ditiap daerah secara lebih profesional dan bernilai ekonomis.

“Tentu, impactnya kepada mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dimulai dari desa. Termasuk menyerap tenaga kerja yang akan berdampak pada pengurangan jumlah pengangguran di Sulsel. Nanti ada launching tersendirinya untuk menggambarkan yang lebih komprehensif dan detail,” pungkasnya.

Editor     : Jumardi Ramling

Komentar

News Feed