oleh

Civitas Akademika Unhas Bangga Lahirkan Ichsan Yasin Limpo

-Kampus-2.762 views

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Ujian promosi doktor Ichsan Yasin Limpo dalam bidang ‘Politik Hukum Pendidikan Dasar Dalam Sistem Pendidikan Nasional’ mendapat pujian khusus dari Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Dr Faridah Patintingi yang bertindak mewakili Rektor Unhas di sidang yudisium, Kamis (8/2/2018)

Pujian tersebut disampaikan Prof Faridah atas keberhasilan IYL mempertahankan hasil disertasinya dihadapan promotor, kopromotor, dan para pengujinya dengan predikat cum laude atau nilai sangat memuaskan.

BNNK BONE

Guru besar Fakultas Hukum Unhas ini mengatakan, gagasan dan terobosan IYL terhadap peningkatan pendidikan di Sulsel dan pada umumnya di Indonesia tidak lagi diragukan.

Dengan gelar doktor yang disandang Ketua PMI Sulsel dalam politik hukum pendidikan dasar mampu membawa kemaslahatan bagi masyarakat terkhusus bagi bangsa dan negara.

Bukan hanya itu, Prof Faridah juga mengakui kepedulian mantan Bupati Gowa dua periode ini terhadap dunia pendidikan mampu melahirkan pemimpin baru dari Unhas. Tidak hanya lokal melainkan nasional.

“Di Fakultas Hukum Unhas sudah banyak melahirkan pemimpin yang berkiprah di level nasional seperti di lembaga rasunawa KPK, MK, Kepolisian bahkan Mahkamah Konstitusi (MK). Kedepan semoga apa yang dicita-citakan Pak IYL menjadi Gubernur Sulsel juga bisa terealisasi,” ujarnya.

Menurut dia, penelitian yang dilakukan IYL di tujuh negara, masing-masing, Jepang, Singapore, Finlandia, Belanda, Australia, Jepang dan Korea dapat menjadi rujukan bangsa ini untuk kemudian diaplikasikan di seluruh Indonesia.

“Kita berharap gagasan Pak IYL di dunia pendidikan tidak cukup sampai di sini, tetapi berlanjut sampai diterapkan di Indonesia,” puji Prof Faridah atas keseriusan IYL meningkatkan pendidikan yang lebih baik.

Sebelumnya, pujian juga datang dari
dosen penguji Prof. Dr. Irwansyah,SH, MH. Ia terkesima dengan gagasan dan hasil penelitian Ichsan Yasin Limpo.

“Ini memang promosi doktor, tapi ini seperti mendengar kuliah umum dari Menteri pendidikan,”tegas Prof. Dr. Irwansyah,SH, M yang bertindak sebagai penguji promosi doktor IYL di Auditorium Amiruddin, Unhas, siang tadi.

Mendapat pujian yang luar biasa, Ichsan hanya mengamini pernyataan prof. Irwansyah. ” Amin…Terima kasih yang terpelajar prof. Dr. Irwansyah, SH, MH,”jawab Ichsan.

Irwansyah juga memberikan apreaiasi atas ketajaman visi dan kedalaman disertasi IYL . Sebab mengkaji problem bangsa yang sejak dulu tak ada solusi kongkrit.

“Saya setuju dengan pemikiran pemikirannya. Saya juga yakin, keresahan Pak Jusuf Kalla (Wapres) tentang kualitas pendidikan, hari ini juga mendapat jawaban dari saudara (IYL),” terangnya.

Tak hanya penguji internal, Mantan Ketua MK Prof Dr Hamdan Zoelva yang bertindak sebagai penguji eksternal, juga secara terang terangan memuji gagasan IYL yang dituangkan di disertasi

Komentar

News Feed