oleh

Orang Tua Mengeluh, Pelaksanaan UNBK di Bone Dibebankan ke Siswa

-Bone, Headline-1.724 views

BONEPOS.COM, BONE – Program Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan segera diterapkan ditingkat Sekolah Menengah Petama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat di Kabupaten Bone, Salawesi Selatan.

Namun dibalik rencana pelaksanaan UNBK, orang tua siswa di Bone justru mengeluh, pasalnya pengadaan komputer atau laptop yang akan dipakai dalam pelaksanaan UNBK malah dibebankan pada siswa.

BNNK BONE

Padahal UNBK merupakan program pemerintah, sehingga pengadaan komputer yang akan digunakan oleh para siswa untuk ujian juga seharusnya dari pemerintah.

“Anak saya paksa saya untuk beli laptop agar bisa ikut ujian katanya sekolah wajibkan, dimana saya mau ambil uang, saya cuma tukang cuci pakaian,” keluh Naura, 48 tahun salah satu orang tua siswa kepada bonepos, Minggu, 11 Februari 2018.

Hal senada diungkapkan oleh, Rasmi, 37 tahun, dimana dia mengatakan bahwa, seharusnya pihak sekolah tidak memaksakan diri untuk melaksanakan UNBK, apalagi harus membebankan orang tua siswa.

“Masa kami orang tua dibebankan untuk membeli laptop, anak saya baru SMP, kenapa harus UNBK kalau belum siap, inikan program pemerintah, harusnya mereka yang siapkan,” tuturnya.

BACA JUGA: Kaltara Siap 100 Persen Laksanakan UNBK

Sementara itu, pengamat Pendidikan Sulawesi Selatan, Usman Al Khaer, mengatakan, program UNBK bisa saja dijalankan bagi sekolah yang sudah siap dalam sarana dan prasarana secara bertahap.

“Jangan dipaksakan, kalau memang belum bisa ya jangan dulu. Hal ini telah di jelasakan dalam Permen no 3 tahun 2017 pasal 9 Ayat 2,” ungkapnya.

Meski demikian kata Dia, ada juga orang tua siswa, yang terpaksa menerima karena demi melihat anaknya lulus UNBK. Namun tetap saja hal itu memberatkan orang tua siswa khususnya kalangan tidak mampu.

“Sebaiknya mencari solusi yang tepat. Kalau memang belum bisa berbasis komputer yang bisa berbasis kertas, saya rasa semua bisa,” kata Direktur Larampeng Institute ini.

Penulis: Aslan

Komentar

News Feed