oleh

Kasihan! Pelajar di Bone Nyambi Jadi Pengemis

-Bone-1.297 views

BONEPOS.COM, BONE – Ada hal menarik yang ditemukan Bonepos.com, kala berbincang dengan bocah anak jalanan (anjal) yang nyambi jadi pengemis, Selasa 6 Maret 2018.

Kepada Bonepos.com, RJ (12) mengaku terpaksa menjadi pengemis akibat himpitan ekonomi keluarganya. Namun demikian, dia tetap bersekolah di tengah kehidupan yang penuh terbatas.

BNNK BONE

“Uang hasil dari itu (mengemis) untuk dibelikan makanan seperti nasi dan cemilan,” kata RJ dengan nada pelan.

“Orang tuaku sudah tahu saya begini. Karena beban biaya hidup begitu berat, maka terpaksa saya mengemis untuk melanjutkan kelangsungan hidup. Yang jelas, saya tetap sekolah,” tambahnya.

Sebelumnya, menjumpai anak jalanan alias anjal di Kabupaten Bone, tidak sulit. Sejumlah titik di Bumi Arung Palakka, menjadi tempat tongkrongannya. Bagaimana sikap Pemkab Bone?

Kondisi seperti ini harus segera disikapi dinas terkait. Jelas, hal ini sudah menjadi masalah sosial. Anjal yang didominasi anak di bawah umur ini, harusnya belajar di sekolah, justru berkeliaran bebas.

Dari pantauan Bonepos.com, titik anjal mengais rezeki dengan cara menjadi peminta, seperti depan mesin ATM, di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), dan di sekitar lampu lalu lintas.

Maraknya anjal di Kabupaten Bone dengan memilih menjadi pengemis di berbagai tempat, merupakan bentuk keprihatinan. Masih ada masyarakat berada di bawah garis kemiskinan dan butuh perhatian.

Penulis : Suparman Warium

Komentar

News Feed