oleh

Dinkes Bone Inspeksi Mendadak Sejumlah Swalayan, Ini Penyebabnya!

-Bone-1.216 views

BONEPOS.COM, BONE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone, melakukan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah swalayan yang ada di Bone pada Senin, (26/03/2018).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaran ikan kaleng yang mengandung cacing, di mana sebelumnya ditemukan di Kepulauan Riau.

BNNK BONE

Kepala Seksi Pengawasan Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kabupaten Bonen, Andi Fajar mengatakan, sidak dilakukan sebagai tindak lanjut penemuan produk sarden kaleng yang mengandung cacing di Riau beberapa waktu lalu.

“Kami turun ini untuk memantauan peredaran ikan kaleng yang diduga mengandung cacing, sesuai dengan edaran yang dikeluarkan oleh BPOM pusat, beberapa waktu lalu ditemukan di Riau, jadi hari ini kita tindak lanjuti itu, jangan sampai hal itu ada di Bone,” katanya.

Lanjut, dia menjelaskan, bahwa pencegahan peredaran lebih jauh produk ikan sarden kalengan dari 3 merek itu dilakukan mengingat kandungan cacing dalam makanan sangat rentan membahayakan kesehatan para konsumen.

“Hasil uji laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan BPOM Pusat itu menemukan ikan sarden kalengan merek Farmer Jack, IO dan Hoki positif mengandung cacing, itu sekarang yang kami cari dibeberapa swalayan yang ada di kabupaten Bone. Tadi kami juga sudah kordinasi dengan pimpinan swalayan menyapaikan itu,” ujarnya.

Kata Fajar, pihaknya tak segan untuk menindak tegas para produsen yang kedapatan memperjualbelikan sarden yang mengandung cacing ke pasaran.

“Tadi kita pantau, belum ada yang kita temukan.”jelasnya.(*)

Komentar

News Feed