oleh

Relokasi Tenaga Ahli P3MD Sulsel Diduga Kepentingan Pilgub 2018

-Bone-2.151 views

BONEPOS.COM, BONE – Surat Penempatan Tugas (SPT) Relokasi Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Sulawesi Selatan tahun anggaran 2018, tertanggal 29 Maret 2018, menjadi ajang protes para tenaga ahli yang terelokasi berpindah lokasi tugas tanpa ada penjelasan yang mendahului.

Banyak dari mereka yang bertugas di domisilinya atau kampung halamannya justru dipindahkan keluar kabupaten. Keputusan yang terkesan bukan kepentingan program tapi kepentingan perorangan ini justru akan mencederai citra pengelolaan managemen Program Pendamping Masyarakat Desa.

BNNK BONE

TA PMD Kabupaten Sidrap, Zaenal Bakri berujar, sekitar 25 tenaga Ahli yang mendapat perubahan lokasi tugas ini sangat kecewa karena mereka di keluarkan dari kampungnya sendiri. Bahkan ada yang semakin di lempar jauh 5 kabupaten jarak dari kabupaten asalnya.

Padahal, kata dia tahun 2016 para tenaga ahli di tempatkan di wilayah domisilinya masing atau wilayah terdekat dari domisilinya dengan harapan agar mampu bekerja makasimal, sebagaimana arahan kementerian desa.

Zainal Bakri yang juga kena imbas relokasi ini menyayangkan keputusan itu, lantaran ia menganggap tidak mempertimbangkan kepentingan program.

“Menjadi rahasia umum kalau relokasi ini diwarnai pertimbangan kepentingan terkait pilkada gubernur, yang mana sangat bertentangan dengan kode etik sebagai pendamping profesional dana desa dengan dilarangnya terlibat dalam politik praktis,” ungkap Zaenal Bakri sebagai mana keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin 2 April 2018.

Lanjut Zainal Bakri, membangun komunikasi dilokasi tugas butuh waktu lama agar keberadaan pendamping terterima dngan baik, saat komunikasi itu mulai berjalan secara tiba tiba direlokasi tanpa pertimbangan yang jelas.

“Butuh waktu dan energi lagi untuk bersosialisasi, kalaupun melanjutkan komunikasi yang dibangun tenaga ahli sebelumnya bisa saja menjadi bias karena gaya komunikasi dan karakter yang berbeda,” tutup Enal.

Komentar

News Feed