oleh

Singgah di Kios Salak, NH Siapkan Solusi Tingkatkan Pendapatan

-Politik-1.025 views

BONEPOS.COM, PINRANG – Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid menyempatkan singgah di kios salak pinggir jalan saat kunjungan safari politiknya. Pasangan Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar dalam Pilgub Sulsel ini menyapa penjual salak di Desa Katomporang, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Rabu 4 April 2018 pagi.

Dalam kesempatan tersebut, NH mendatangi lima kios sekaligus. Ia berbincang-bincang dengan pedagang terkait kualitas dagangan, kondisi pembeli, dan keuntungan yang diperoleh. 

BNNK BONE

Kesempatan berharga itu tak dilewatkan oleh pedagang. Mereka menuturkan keluh kesahnya karena percaya sosok Ketua Dewan Koperasi Indonesia tersebut dapat mengatasi permasalahan yang dialami.

Salah seorang warga, Amiruddin mengeluhkan keterbatasan pedagang dalam pengolahan salak. Sebab, sisa salak yang tak laku hanya membusuk dan terbuang sia-sia.

“Penghasilan pedagang di sini cuma terbatas dari menjual salak yang langsung dimakan. mentah. Ini kan tidak tahan lama, jadi kalau sudau busuk tidak bisa lagi dijual,” terangnya.

Setelah membeli salak di sejumlah kios, NH pun memakan buah tropis ini. Ia senang dengan rasa salak terasa lebih manis yang dijajakan di kawasan ini. 

Karena itu, dirinya berkomitmen untuk memaksimalkan potensi daerah penyalur salak ini. Untuk meningkatkan pendapatan pedagang, kata dia, ia akan memfasilitasi pemberdayaan pedagang salak dalam pengolahan agar bisa bertahan lebih lama.

“BUMDes ke depan akan dijadikan sebagai ujung tombak ekonomi kerakyatan sesuai dengan sumber daya yang dimiliki masing-masing desa. Kalau penghasil salak seperti ini, BUMDes akan menggandeng pedagang untuk pengolahan salak menjadi kripik, manisan supaya tidak membusuk saja,” jelasnya. (*)

Komentar

News Feed