oleh

Pemerintah Lamban Tekan Kepres BPIH, Bagaimana Nasib Calon Haji Tahun Ini?

-News-1.253 views

BONEPOS.COM – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily mendesak, agar Sekretariat Negara (Setneg) untuk segera mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH) 2018.

Menurut dia, Keppres tersebut sangat penting karena terkait dengan persiapan Kementerian Agama untuk memulai proses pelunasan calon jamaah haji.

BNNK BONE

“Kita minta Setneg segera menyampaikan kepada Presiden Keppres tersebut, lebih cepat kan lebih bagus untuk mempersiapkan jauh-jauh hari pelaksanaan ibadah haji tahun ini,” ujar Ace dilansir dari Republika.

Diketahui, jika Keppres BPIH tersebut tidak segera dikeluarkan, Kementerian Agama akan kewalahan menangani proses pelunasan dana pembayaran haji. Karena, besaran ongkos haji tahun ini harus berdasarkan Keppres tersebut.

Sedianya persiapan pelaksanaan ibadah haji sudah semakin dekat. Keberangkatan jamaah haji untuk kloter pertama akan dilakukan pada 17 Juli 2018 mendatang. Karena itu, pemerintah sendiri harus segera memberikan kepastian, sehingga jamaah haji dapat segera melakukan pelunasan biaya haji.

Baca juga: Presiden Sahkan Perpres Permudah Tenaga Kerja Asing

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat dari belum turunnya Keppres BPIH tersebut, Kementerian Agama harus menunda jadwal pelunasaan jamaah haji yang rencana awalnya akan dimulai Selasa (3/4) hari ini.

Tahap pertama pelunasan rencananya akan dibuka tanggal 3-20 April 2018, sedangkan tahap kedua dibuka tanggal 8-19 Mei 2018.

Namun, karena sampai saat ini Keppres BPIH belum diterbitkan oleh Sekretariat Negara (Setneg), jadwal pelunasan BPIH pun diundur.(*)

Komentar

News Feed