oleh

Mengharukan! Wanita Lansia Salomekko Ini, Hidup Sebatang Kara Dalam Kondisi Lumpuh

-Bone-1.246 views

BONEPOS, BONE — Dahe (80 tahun), wanita tua yang hidup sebatang kara di Dusun Ulunipa Desa Manera Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone Sulawesi Selatan kondisinya cukup memperihatinkan.

Saat ini Dahe yang tinggal di gubuk ukuran 3×2 meter di bibir sungai Desa Manera ini, mengalami lumpuh sejak lahir. Saat ini kondisi lututnya semakin membesar. Diduga lututnya menderita kanker. Ia mengaku enggan berobat karena butuh biaya yang besar.

BNNK BONE

Saat ditemui Bonepos, Jumat 13 April 2018, Dahe mengaku lumpuh yang dialaminya dibawah sejak lahir. Untuk kebutuhan hidupnya setiap harinya, Dahe hanya mengharapkan belas kasihan dari warga setempat. Ia mengaku memiliki keluarga, namun ia enggan tinggal di rumah keluarganya karena takut memberatkan.

Kepala Desa Manera Andi Jumaidil mengaku selaku pemerintah desa sangat perihatin dengan kondisi warganya. Ia mengaku Dahe sudah puluhan tahun tinggal seorang diri di Ulunipa.

“Sebelumnya ia tinggal di Pancaitana lalu ke Ulunifa, ia sudah puluhan tahun tinggal disini. Secara pribadi saya juga selalu memberikan bantuan, namun untuk bantuan dari pemerintah, ia harus punya KK dan NIK. Saat ini kita sudah berikan pengantar untuk penerbitan KK-nya” ungkapnya.

Kondisi kesehatan Dahe, saat ini sangat mengarapkan uluran tangan dari pemerintah, terutama untuk pengobatan kakinya yang lumpuh. Kondisi kakinya kini semakin hari semakin membesar. Hingga untuk beraktifitas seperti MCK ia lakukan di gubuk tersebut. Sementara untuk makannya ia mengharapkan bantuan dari tetangganya.

Psnulis: Julfiadi

Komentar

News Feed