oleh

Survey Pilkada Bagaikan Armada Hantu

-Opini-811 views

Oleh: Dr. Abdul Rivai Ras,
Founder BRORIVAI CENTER

BONEPOS.COM – Survey politik saat ini menjadi armada hantu (ghost fleet) yang muncul sebagai upaya perlawanan bagi paslon tertentu dalam merebut opini publik pada proses perhelatan pilkada serentak 2018.

BNNK BONE

Bagaimana tidak, paslon lainnya banyak yang terjebak dan khawatir dengan adanya riset sejumlah lembaga survey baik yang datangnya dari lembaga survey profesional yang merangkap sebagai konsultan marketing politik hingga lembaga riset dari perguruan tinggi.

Patut dicermati bahwa dari mana pun lembaga itu, riset atau survey yang dilakukan itu sangat tergantung pada independensi dan integritas lembaga itu sendiri.

Selain itu, dalam survey politik terkait pilkada sangat ditentukan oleh penggunaan metodologi yang selektif. Lembaga apapun itu yang melakukan survey dapat dianggap valid bila berbasis akademik dan menerapkan metodologi yang tepat dan tidak ikut serta berperan dalam politik survey.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa lembaga survey di Indonesia masih sedikit yang mempunyai idealisme dan seringkali terdistorsi oleh kekuatan politik tertentu. Tidak mengherankan dengan munculnya berbagai hasil survey elektabilitas pilkada yang cenderung berubah ubah di mata publik dinilai bagaikan cerita fiksi yang kini menakutkan bagi paslon dan timses yang merasa dirugikan.

Komentar

News Feed