Opini: Bonus Demografi dan Teknologi Masa Depan

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Jurusan MSDM. Renald Mangkaue. (Foto - Ist)

Berapa banyak rumah makan(nasi kuning)  tukang martabak yang kini tumbuh seperti jamur di musim hujan dengan menggugunakan aplikasi go-food , dengan begitu, dunia online  telah menjadi penyedia lapangan kerja baru yang begitu luas dan juga menghdupkan  industri kuliner.

Diskursus mengenai bonus demografi menjadi Salah satunya yang menjadi perbincangan hangat diskusi di kampus, di kedai kopi akhir-akhir ini adalah bonus demografi Indonesia  di ramal akan di anugerahi bonus demografi, Era bonus demografi ditandai dengan dominasi jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) atas jumlah penduduk tidak produktif menjadi kelompok yang terbanyak dalam postur demografi yang saat ini sudah dimulai dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada rentang tahun 2025-2030.

Bonus demografi menjadi fokus bahasan yang tidak hanya menarik, tapi juga penting karena sangat menentukan kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa Indonesia.

Bonus demografi akan mendapatkan manfaat karena jumlah penduduk usia produktif yang gemuk dapat menjadi pengakselerasi pembangunan. Namun demikian, tak dapat dipungkiri juga menimbulkan kekhawatiran, karena kesalahan dalam mengelola bonus demografi dapat berpotensi menimbulkan bencana (bom demografi) puluhan juta Gen Y Dan Gen Z  Akan menganggur dan membuat rusuh di negeri ini,seperti kriminalitas,preman,separatis.

Jadi, bonus demografi tidak semata-mata dan otomatis membawa keuntungan dan dampak positif melainkan perlu diusahakan dan diarahkan dengan benar. Keuntungan yang dapat diperoleh dari bonus demografi adalah tersedianya tenaga kerja usia produktif sebagai sumber daya penopang utama pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Sementara syarat yang harus dipenuhi untuk meraih bonus demografi tersebut adalah tingkat kesehatan dan pendidikan yang memadai untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.Tentu saja penduduk usia produktif yang dapat memberi sumbangan pada pertumbuhan ekonomi adalah penduduk usia produktif yang terserap oleh lapangan kerja.Jadi, salah satu syarat yang wajib terpenuhi dalam pemanfaatan bonus demografi adalah juga tersedianya lapangan kerja yang memadai.Pengangguran dan penyediaan lapangan kerja merupakan dua masalah penting yang perlu diselesaikan dalam menghadapi bonus demografi.

Selanjutnya 1 2 3